KEGIATAN DIALOG KERJA PEMERINTAH DAERAH DENGAN ELEMEN MASYARAKAT DAN KELOMPOK PANGAN NAGARI

Pertanian

KEGIATAN DIALOG KERJA PEMERINTAH DAERAH DENGAN ELEMEN MASYARAKAT DAN KELOMPOK PANGAN NAGARI


Tanjung Pati – Dinas Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota telah menyelenggarakan Kegiatan Dialog Kerja Pemerintah Daerah Dengan Elemen Masyarakat Dan Kelompok Pangan Nagari di Kantor Camat Kecamatan Payakumbuh, pada tanggal 8 Maret 2019. Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Payakumbuh ini diikuti oleh 150 Peserta yang terdiri dari Badan Keuangan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Penberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Desa/ Nagari, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Satuan Polisi Pamong Praja, Camat, Polsek Payakumbuh, Babinsa Payakumbuh, Kelompok KRPL, Lumbung Pangan, Kader Pangan, Wali Nagari, dan Tokoh Masyarakat yang berada di Kecamatan Payakumbuh, Kecamatan Mungka, Kecamatan Guguak dan Kecamatan Akabiluru. Kegiatan ini bertujuan agar peserta yang mengikuti kegiatan dapat berdialog dan berdiskusi secara langsung dengan Pemerintah Daerah yang berkaitan dengan urusan pangan yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dalam Kegiatan ini dihadiri oleh 3 Narasumber, yaitu Bupati Lima Puluh Kota, Bapak Ir. H. Irfendi Arbi, MP, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota Bapak Gusdian Laora, SKM,M.Si dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Lima Puluh Kota Ibu Yeni Elvi S.St.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh Pemberdayaan petani yang merupakan segala upaya untuk meningkatkan kemampuan petani untuk melaksanakan usaha tani yang lebih baik melalui pendidikan dan pelatihan, penyuluhan dan pendampingan pengembangan sistem dan sarana pemasaran hasil pertanian. Sebagai negara agraris Indonesia menempatkan pertanian sebagai sektor sentral yang didukung oleh tersebarnya sebagian besar penduduk Indonesia yang hidup sebagai petani di pedesaan.

            Kegiatan Peningkatan Kemampuan Lembaga Petani ini adalah wadah bagi masyarakat yang terkait dengan urusan pangan untuk dapat berdiskusi langsung dengan Pemerintahan Daerah. Khususnya Bupati Lima Puluh Kota sebagai Narasumber dan Dinas Pangan sebagai pihak penyelenggara.

            Dalam sambutannya, Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan bahwa diharapkan peran serta aktif masyarakat dalam penyediaan pangan di tingkat rumah tangga terutama dengan memanfaatkan sumber daya pangan yang ada di sekitarnya dengan mengoptimalkan pemamfaatan pekarangan sebagai sumber pangan pangan dan gizi keluarga yang aman, murah dan mudah dijangkau setiap saat, serta mengolah makanan menjadi olahan pangan yang bernilai ekonomis tinggi dapat dijual dan laku di pasaran.

            Bupati Lima Puluh Kota juga mengharapkan melalui acara ini, masyarakat khususnya utusan Nagari dan Kecamatan untuk dapat berperan aktif sebagai Motivator dalam meningkatkan ketahanan pangan dan lebih termotivasi untuk melaksanakan aksi Nagari Mandiri Pangan di tiap Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota sehingga mampu mengoptimalkan Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Dana, Teknologi, dan Kearifan Lokal untuk menggerakkan kemandirian pangan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

            Pada Kegiatan Dialog ini juga menyinggung masalah Dana Desa yang dominan digunakan pada pembangunan fisik saja, yang sebaiknya digunakan pada pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ketahanan Pangan, adapun pemberdayaan SDM tersebut seperti penanggulangan masalah Stunting pada kebanyakan anak bayi. Adapun penanggulanan Masalah Stunting ini dengan cara upaya perbaikan gizi anak dan pemberian makanan tambahan pada anak balita yang mengalami Stunting.

            Dengan adanya Kegiatan Dialog Kerja Pemerintah Daerah dengan Elemen Masyarakat dan Kelompok Pangan Nagari ini diharapkan mampu bermamfaat bagi peserta. Kegiatan ini juga akan dilanjutkan di Kantor Camat Kecamatan Harau pada tanggal 14 Maret 2019 dan di kantor camat Kecamatan Suliki pada tanggal 27 Maret 2019.

            Diharapkan bisa didapat pokok-pokok permasalahan yang berkembang di masyarakat yang harus mendapat perhatian, Rencana Penyelesaian yang mungkin dilaksanakan seta bagaimana menjaga dan memelihara apa yang selama ini telah berkembang dengan baik di masyarakat.

Saran Masuk

Untitled Document
  ¤ Nama : veni,  Tanggal : 22 Agustus 2016
Yth. Admin.... Saya numpang saran... Kepada seluruh pihak yang..
 
  ¤ Nama : Heri,  Tanggal : 18 Februari 2016
Selamat dan Sukses kepada Yth. Bapak Bupati Lima Puluh Kota..
 
  ¤ Nama : RIDWAN,  Tanggal : 26 Agustus 2015
assallamuallaikum bapak/ibu saya warga nagari sungai..
 
  ¤ Nama : ilham,  Tanggal : 28 Juli 2015
Yth Bapak Pimpinan Pemda Kabupaten 50 Kota Mohon ditindak..
 
  ¤ Nama : Boy,  Tanggal : 23 Juli 2015
Udah Bagus Admin..Tolong Update beritanya di tingkatkan..
 


PETA

Statistik