POTANG BALIMAU KEMBALI DIGELAR, PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA MATANGKAN PERSIAPAN


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 17 Maret 202320:58:03
35 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo -- Alek Nagari Pangkalan "Potang Balimau" tahun ini kembali digelar. Sempat terhenti selama 4 tahun karena Covid-19, tradisi unik menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H oleh masyarakat Pangkalan ini puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2023. Berbagai persiapan pun dimatangkan agar acara berjalan dengan aman dan tertib. 

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Dinas  Pariwisata Pemuda dan Olahraga Elsiwa Fajri saat memimpin rapat persiapan kegiatan 'Potang Balimau' di Kantor Wali Nagari Pangkalan pada Rabu (15/03/2023). Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakapolres Lima Puluh Kota Basrial, perwakilan unsur Forkopimda, perwakilan OPD terkait, Camat Pangkalan Gusni Hendrix, Wali Nagari Pangkalan dan panita penyelenggara acara. 

Dalam rapat tersebut Elsiwa Fajri mengatakan bahwa diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung terutama wisatawan domestik. Mengingat Potang Balimau merupakan magnet wisata yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setiap tahunnya. "Untuk itu diharapkan kordinasi dan kerjasamanya baik keamanan, titik parkir, dan tim medis serta panita yang terlibat khususnya pada hari-H agar acara berjalan lancar," ujarnya. Selanjutnya Elsiwa Fajri mengatakan, "Kita juga bekerjasama dengan Polres Lima Puluh Kota untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya dampak-dampak negatif yang akan timbul di lokasi penyelenggaraan Potang Balimau nanti." 

Rangkaian Potang Balimau diisi dengan berbagai perlombaan, turnamen dan penyambutan PKP Pulang Basamo. Acara puncak Alek Nagari Pangkalan ini  seperti Selaju Sampan, Mimbau/ Sampan Hias, Balimau Kasai, malam kesenian dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan pada tanggal 22 Maret 2023 di Lingkungan Masjid Raya Pangkalan yang akan dihadiri oleh  Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. 

Sementara itu Wakapolres Lima Puluh Kota  mengatakan pihaknya siap untuk mengamankan acara Potang Balimau nanti. "Kami bersama TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas, BPBD, Damkar dan tim lainnya siap mengerahkan personil demi terlaksananya keamanan dan ketertiban acara nanti," tuturnya. "Kami juga menghimbau masyarakat khususnya Paga Nagari untuk saling membantu," tambahnya.  (AEP/Kominfo)

Sampaikan komentar & saran