Peringati Hari Koperasi, Limapuluh Kota Gelar Jalan Sehat


Post by : Bagian Humas Sekretariat Daerah, 27 Agustus 201910:55:50
191 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Limapuluh Kota,-- Memperingati Hari Koperasi ke 72 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menggelar gerak jalan santai, hiburan KIM dan meresmikan Unit Metrologi Legal (UML) di daerah setempat, Senin (26/8). Berbagai kegiatan tersebut untuk lebih mengenalkan koperasi ke tengah masyarakat.

Jalan santai yang diikuti ratusan warga, pihak perguruan tinggi dan ASN itu dilepas Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi didampingi Ketua TP PKK Monalisa Irfendi Arbi dan para kepala OPD di halaman kantor bupati di Bukit Limau Sarilamak.

Bupati dalam sambutannya berharap dengan adanya rangkaian kegiatan peringatan hari koperasi ini masyarakat lebih mengenal dan semakin tertarik dengan koperasi, sekaligus buat menunjukan eksistensi koperasi di tengah masyarakat termasuk bagi kalangan generasi muda

“Kita berharap masyarakat lebih mengenal koperasi. Sebab, kota sangat menyadari selama ini koperasi cukup berkontribusi dalam pembangunan ekonomi masyarakat di Limapuluh Kota ini,” tutur Irfendi.

Diakui Irfendi, selama ini setiap koperasi yang dikelola dengan lebih baik, ternyata mampu menunjukan perannya dalam pembangunan perekonomian masyarakat.

“Kita berharap peringatan hari koperasi ini menjadi momentum untuk menggerakan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ulang Irfendi.

Sementara terkait dengan peresmian UML, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Limapuluh Kota Kasman Kasim menyebut, dengan kehadiran UML ini tentunya Kabupaten Limapuluh Kota sudah bisa menera ulang sendiri seluruh timbangan, mesin RMU, bahkan menera ulang SPBU di daerah ini.

“Kalau selama ini kita meminta bantuan kepada daerah lain, sekarang tentunya kita bisa melakuklan sendiri bahkan bisa menerima kerjasama untuk menera timbangan, mesin RMU dan lainnya di daerah lain. Dari kegiatan pelayanan metrologi ini kita juga bisa mendapatkan PAD,” tutur Kasman.

Dengan adanya pelaksanaan kegiatan metrologi tersebut, diharapkan seluruh perdagangan yang beraktivitas di Kabupataen Limapuluh Kota berjalan dengan tertib dan terukur. Sebab, UML bisa menetibkan ukuran seluruh timbangan yang digunakan pedagang

“Dengan adanya layanan tera ulang dan metrologi legal ini, Pemkab Limapuluh Kota sudah mandiri dalam melaksanakan kegiatan tera ulang terhadap alat ukur takar dan timbangan. Dengan begitu tentunya kita bisa berharap masyarakat mendapatkan kepastian kalau barang yang dibelinya dengan ukuran berat benar-benar sesuai dengan berat yang dibayar,” ujar Kasman.

Lebih lanjut dikatakan, untuk operasionalnya, UML tersebut juga mendapatkan bantuan sarana dan prasarana berupa satu unit mobil dan empat unit sepeda motor operasional, serta satu paket peralatan standar minimal bantuan dari dana DAK. (gun)

Sampaikan komentar & saran