FOOD FOR THOUGHT: A LEARNING FROM SOUTH KOREA.Workshop Peningkatan Kapasitas Tata Kelola IT


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 16 Maret 201814:56:44
770 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

LIMA PULUH KOTA - Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan salah satu penerima penghargaan yang memiliki 17 standar pelayanan LPSE yang di tetapkan oleh LKPP. Oleh Karena itu LPSE Kabupaten Lima Puluh Kota diundang untuk menghadiri Workshop Peningkatan Kapasitas Tata Kelola IT Pemerintah Bagi Perwakilan LPSE yg telah memenuhi 17 Standar Nasional, Hotel Royal Kuningan Jakarta, 15 Maret 2018 dengan narasumber dari Public Procurement Service (PPS) Korea Selatan yang sudah berdiri sejak 1949 dan berevolusi sehingga telah memiliki sistem tata kelola yang canggih dan teruji dan memiliki reputasi internasional yang sangat tinggi.

Saat itu diperkenalkan kehebatan sistem Korean Online E-Procurement Systems (KONEPS) yg merupakan jendela tunggal dan layanan satu pintu bagi layanan pengadaan barang jasa (single window of public procurement) mulai dari e-bidding, e-contract, e-payment dan e-shopping mall dengan tujuan transparansi, akuntabiel, efisiensi dan penghematan anggaran. Secara ekonomi, bahkan bisa menghemat hingga 8 milyar USD per tahunnya!

Sebagai antisipasi dalam pengendalian risiko bahkan mereka telah menyiapkan sistem cadangan dalam bentuk manual, mekanisme komplain dan gugatan. Banyak hal yang dapat dicontoh dari pemerintah Korea ini,  A day is not enough. Sehari tidaklah cukup. Perlu sharing knowledge dan belajar lebih banyak lagi. (kominfo)

#irfendiarbi
#kominfolimapuluhkota
#lpse

Sampaikan komentar & saran