Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Badan kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lima Puluh Kota gelar kegiatan Penguatan Forum Pembauran Kebangsaan


Post by : Kesatuan Bangsa & Politik, 13 Februari 202013:55:16
89 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Badan kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lima Puluh Kota gelar kegiatan Penguatan Forum Pembauran Kebangsaan Kamis, 13 Februari 2020 di Aula Hotel Sago Bungsu I Tanjung Pati. Kegiatan Penguatan Forum Pembauran ini di ikuti oleh pengurus LKAAM, KNPI dan Paguyuban se-Kab.Lima Puluh Kota sebanyak 70 Orang. Adapun nara sumber dari kegiatan ini adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, Kepala Badan Kesbangpol Propinsi Sumbar dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lima Puluh Kota serta dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Untuk menjaga dan memelihara keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, diperlukan adanya komitmen seluruh bangsa dan upaya-upaya untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia.

Forum Pembauran Kebangsaan yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 34 Tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan Di Daerah  adalah sebagai wadah komunikasi, koordinasi, fasilitasi dan juga sebagai upaya meningkatkan pembauran di tengah pluralisme masyarakat.

Forum Pembauran Kebangsaan sendiri dibentuk untuk melaksanakan tugas-tugas membantu pemerintah dalam membina dan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban warga masyarakat terhadap kemungkinnan timbulnya konflik-konflik sosial yang mengancam keutuhan bangsa, menumbuh kembangkan keharmonisan, saling pengertian dan menghormati atas perbedaan latarbelakang sosial, budaya dan keyakinan di antara warga masyarakat dari berbagai ras, suku dan etnis.

Dengan bersatunya masyarakat di dalam kemajemukan itu diharapkan nantinya dapat memberi sumbangan dan partisipasi aktif dalam pembangunan kabupaten lima puluh kota ke depannya, lebih jauh pembentukan kepengurusan forum pembauran kebangsaan diharapkan :

  1. Dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa guna menghindari berbagai konflik yang bersifat vertikal maupun horisontal disebabkan oleh berbagai latar belakang permasalahan ras, suku, budaya, dan agama yang dapat mengancam integritas nasional;
  2. Dapat meningkatkan pemahaman masyarakt tentang pembauran kebangsaan merupakan bagian penting dari kerukunan nasional, dan upaya dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
  3. Dapat meningkatkan rasa kebersamaan dalam rangka penyelenggaraan forum pembauran kebangsaan yang didukung oleh masyarakat dan pemerintah dengan koordinasi yang baik antar aparat pemerintah daerah dan instansi terkait di daerah secara profesional;
  4. Dapat menciptakan lingkungan sosial yang damai, aman, tentram dilingkungan kabupaten lima puluh kota khususnya dan wilayah negara kesatuan republik indonesia pada umumnya.
  5. Dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa (anti korupsi, kolusi, dan nepotisme), serta memelihara kehormatan sebagai bangsa indonesia.
  6. Dapat meningkatkan kesadaran untuk memelihara/ mempertahankan pancasila sebagai ideologi negara, dan kesadaran untuk meningkatkan kemandirian dalam berbagai aspek kehidupan sosial.

 

13/02/20

Sampaikan komentar & saran