KPAD Gelar Lomba Baca Puisi


Post by : Bagian Humas Sekretariat Daerah, 23 Agustus 201500:39:48
1937 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Tidak dipungkiri, dekadensi moral yang terjadi dikalangan generasi muda dewasa ini semakin mengkhawatirkan. Berbagai pelanggaran norma-norma sosial yang dilakoni kalangan muda-mudi itu harus menjadi perhatian serius semua pihak.

            Demikian Bupati Lima Puluh Kota diwakili Asisten Administrasi Umum Iryanis, SH dalam sambutannya ketika membuka secara resmi lomba baca puisi tingkat SLTP dan SLTA se Kabupaten Lima Puluh Kota di gedung Sago Bungsu di Tanjung Pati, kemarin.

“Harus diakui, dewasa ini tak jarang kita mendengar tindak kejahatan, tawuran antar pelajar, penyalahgunaan Narkoba dan perbuatan negatif lainnya yang dilakoni generasi muda. Salahsatu upaya mengantisipasi degradasi moral dan aklak tersebut, adalah dengan menyalurkan bakat kaum muda ke arah positif seperti kegiatan lomba baca puisi,” ungkap Iryanis.

Karenanya, lanjut Iryanis, lomba puisi yang digelar Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi di daerah ini patut diapresiasi. Sebab, kegiatan tersebut merupakan salahsatu upaya menyalurkan bakat atau sarana berekspresi serta mengarahkan generasi muda pada kegiatan positif, sekaligus mengembangkan budaya bangsa.

“Tidak dipungkiri, upaya pembangunan mental dan akhlak di tengah masyarakat selama ini belum terlaksana secara efektif dan harus terus ditingkatkan. Salahsatunya dalam bentuk penyaluran bakat seperti lomba membaca puisi ini,” ujar Iryanis.

            Selain itu, lanjutnya, lomba membaca puisi itu juga diharapkan menjadi ajang kreatifitas serta menjadi ajang mempererat tali persaudaraan antar siswa dan melahirkan rasa nasionalisme. Tak kalah pentingnya, agar para siswa di daerah ini mencintai kesenian sastra.

“Puisi merupakan salahsatu unsur satra yang harus dipelihara dan dikembangkan. Karenanya sarana berekspresi bagi generasi muda itu senantiasa kita lakukan setiap tahunnya,” tutur Iryanis.

            Sebelumnya Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Zaiful April kepada Singgalang mengatakan, lomba itu diikuti oleh 100 peserta yang masing-masingnya dari SLTP sebanyak 40 orang dan asal SLTA sejumlah 60 orang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut antara lain bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat baca sekaligus sebagai media menanamkan cinta dan bangga menggunakan bahasa Indonesia di kalangan generasi muda.

            “Selain itu perlombaan ini juga diharapkan bisa menarik siswa terhadap karya sastra, memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Tak kalah pentingnya pula buat mengenal karya penyair-penyair khusus dari daerah ini,” papar Zaiful.

            Dalam lomba tersebut juara pertama tingkat SLTA berhasil direbut Sri Sudasti Ayu Reski dari SMAN 1 Harau, disusul Muhammad Alfin dari Darul Funun Kecamatan Guguak dan Joni Saputra asal SMAN 1 Gunuang Omeh masing-masingnya juara 2 dan 3. Sedangkan tingkat SLTP peringkat pertama digondol Ruri Meidwika siswa MTSN Padang Jopang Kecamatan Guguak. Sedangkan juara 2 dan 3 diraih Aldi Erwin dari SMPN 1 Harau dan Sofia siswi SMPN 1 Gunuang Omeh.

Lebih lanjut Zaiful mengatakan, lomba baca puisi ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya sejak tahun 2012 silam. (hendri gunawan)

Sampaikan komentar & saran