Tips untuk Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan


Post by : Dinas Kehutanan, 25 Agustus 201609:51:05
2316 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Kebakaran hebat yang melanda hutan perbukitan dan lahan perkebunan milik warga di jorong Gurun  Nagari Gurun, Jorong Sipatai Nagari Taram, dan di Sarasah Tanggo Jorong Sarilamak Nagari Sarilamak  di Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, yang menghanguskan ratusan hektar lahan pertanian milik masyarakat menimbulkan kerusakan yang sangat parah bagi lahan pertanian dan kehutanan.

Pencegahan hutan dari kebakaran merupakan hal penting yang harus dipelajari dan diketahui oleh warga dan petugas yang tinggal di wilayah sekitar hutan. Kadang hal kecil yang dianggap sepele menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan yang menghabiskan biaya besar dan menyebabkan kerusakan ekosistem yang fatal. Sehingga penting bagi siapapun memiliki pengetahuan tentang hal-hal yang akan menyebabkan hutan kebakaran.

Berikut beberapa langkah dan tips untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan:

  1. Memperingatkan warga sekitar hutan untuk tidak membakar rumput atau puing-puing. Sebagian warga yang tinggal disekitar hutan kadang tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang hutan khususnya tentang penyebab kebakaran hutan. Sebagian dari mereka membakar rumput atau puing-puing reruntuhan di dekat hutan ketika musim kemarau datang. Musim kemarau yang diiringi dengan angin kencang bisa dengan mudah menyebarkan api dari puing-puimg tersebut membakar hutan sekitar.
  2. Melakukan aktivitas pembakaran minimal dengan jarak yang telah ditentukan.
    Jarak minimal yang harus diperhatikan untuk melakukan pembakaran terhadap sampah atau puing-puing adalah minimal 50 kaki dari bangunan dan 500 kaki dari hutan.
  3. Memastikan api tersebut mati setelah melakukan pembakaran terhadap rumput dan puing-puing sebelum warga meninggalkan tempat pembakaran. Dan membersihkan area pembakaran tadi dari bahan-bahan yang mudah terbakar.
  4. Jangan melakukan aktifitas pembakaran ketika cuaca berangin. Ketika cuaca berangin, pohon –pohon di hutan akan bergoyang dan akan membuat api semakin besar, yang akibatnya bisa membahayakan hutan itu sendiri.
  5. Jangan merokok ketika melakukan kerjaan atau kegiatan yang dilakukan di hutan. Ketika pekerja atau petugas kehutanan yang melakukan pekerjaannya di hutan dan mengharuskan mereka untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, mereka harus mematikan roko mereka, karena meroko akan sangat berbahaya bagi keselamatan hutan
  6. Warga dan petugas kehutanan harus saling bekerja sama untuk menjaga hutan di sekitar tempat kediaman mereka.

Sampaikan komentar & saran