Agar Masyarakat Mandiri, Bupati Bagikan Bantuan Sarana Usaha


Post by : , 01 November 201615:30:12
2616 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Sebanyak dua puluh warga di Kenagarian Kubang Kecamatan  Guguak mendapatkan bantuan sarana usaha tenaga kerja mandiri. Bantuan tersebut diharapkan dapat mengembangkan usaha dan peningkatan perekonomian masyarakat serta mengurangi pengangguran.

            Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi berharap bantuan itu dimanfaatkan untuk pengembangan usaha dan meningkatkan kesejahteraan bukan untuk menutupi kebutuhan konsuntif sesaat.

            “Kita berharap bantuan peralatan ini benar-benar dimanfaatkan untuk pengembangan usaha guna meningkatkan perekonomian, perluasan kesempatan kerja. Tak kalah pentingnya untuk mengurangi angka pengangguran,” ungkap Irfendi ketika menyerahkan bantuan sara usaha itu di kantor wali nagari Kubang, Minggu (23/10).

            Dengan terbukanya kerja baru dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, lanjut Irfendi, diharapkan berbagai persoalan sosial maupunkriminal di tengah masyarakat semakin berkurang bahkan hilang sama sekali.

“Kita berharap para penerima bantuan sarana usaha ini mampu menjadi wirausahawan yang mandiri, produktif, dan beretos kerja tinggi. Selain untuk diri sendiri, usaha itu hendaknya juga bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain,” tutur Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi mengingatkan, agar bantuan peralatan tersebut tidak salah sasaran serta tidak bermanfaat.

Turut hadir dalam kesempatan itu anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Hemmy Setiawan, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Husin Daruhan, Camat Guguak Yuhendry dan berbagai elemen masyarakat Kubang.

            Pada tempat kepal Diasn Sosial dan Tenaga Kerja melalui Kepala Bidang  Tenaga Kerja Rina Rahmanita kepada wartawan menyebut, selain warga Nagari Kubang, kegiatan pengembangan dan peningkatan perluasan kesempatan kerja itu merupakan bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja itu juga diperoleh masyarakat nagari lainnya dengan total enam paket bantuan sarana untuk penciptaan wira usaha muda. Setiap paketnya untuk 20 orang penerima. 

“Total bantuan sarana usaha sebanyak untuk 120 orang. Selain itu juga ada satu paket padat karya infra struktur berupa pengerjaan jalan lingkungan nagari Sitanang-labuah Gunuang Kecamatan Lareh Sago Halaban,” terang Rina.

Padat karya itu juga diharapkan dapat memperluas kesemapatan kerja atau mengurangi pengangguran sekaligus membangun sarana dan prasarana buat meningkatkan perekonomian masyarakat. (hendri gunawan)

Sampaikan komentar & saran