Pemkab Lima Puluh Kota Raih Penghargaan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3 dari BPKP RI


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 18 November 202008:46:11
27 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota meraih penghargaan sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) level 3 dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI). Prestasi ini diraih tak terlepas dari komitmen Pemerintah Kabupaten di bawah kepemimpinan Bupati Irfendi Arbi dalam meningkatkan tata kelola pembangunan dan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan. 

Penghargaan tersebut diantarkan langsung oleh Kepala BPKP RI Perwakilan Sumatera Barat Buyung W Samudro beserta rombongan dan diterima langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP di aula Rumah Dinas Bupati Lima Puluh Kota, Selasa, (17/11/2020). 

Acara ramah tamah kedua lembaga ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota bersama Inspektur Kabupaten, Kepala BKPSDM dan beberapa perangkat daerah lainnya.

BPKP Perwakilan Sumatera Barat sangat mengapresiasi pencapaian Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota ini. Pencapaian kapabilitas APIP level 3 sebagai pengawas internal ini perlu dipertahankan dan bahkan ditingkatkan ke level selanjutnya. Beberapa kelemahan internal perlu segera dibenahi, seperti keseimbangan antara komposisi jabatan struktural dan auditor. Seharusnya dalam penugasan jumlah auditor yang bertugas dilapangan harus lebih banyak dibandingkan para pejabatnya dan bukan sebaliknya. Para auditor pun perlu dibekali terus menerus untuk meningkatkan keahlian dan kompetensinya. 

Bupati Irfendi Arbi menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan suatu yang bersejarah dipenghujung masa jabatannya. Apalagi penghargaan ini diantarkan langsung oleh Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat dalam situasi pandemi Covid-19. Saran perbaikan pada internal Inspektorat akan ditindaklanjuti segera melalui pembukaan formasi CPNS untuk mengisi posisi auditor muda. penghargaan ini pun menjadi cambuk bagi kami untuk terus memperbaiki diri. Semoga prestasi ini tetap dapat kami pertahankan dan tingkatkan pada masa selanjutnya.

Lebih lanjut Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Barat mengungkapkan bahwa para pimpinan daerah di Sumatera Barat sangat berpengaruh dalam menutupi berbagai kelemahan sistem pemerintahan yang ada. Hal sebaliknya justru terjadi di negara maju dimana sistem yang bagus dapat menutupi kekurangan para pemimpinnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi pemerintahan dengan sistem yang baik, cenderung dapat bertahan walaupun terjadi pertukaran dan pergeseran pimpinan. 
"Dibalik pencapaian ini, diharapkan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dapat menutupi kelemahan yang ada dengan memperbaiki kualitas SDM dan sistem yang ada. Inspektorat harus bisa memposisikan diri sebagai pengawal uang rakyat" tutur Buyung W Samudro.

Sampaikan komentar & saran