TUGU GAMBIR NAGARI MUARO PAITI


Post by : Kecamatan Kapur IX, 01 Juni 201910:23:24
623 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

 

TUGU GAMBIR

Dibalik itu semua, ternyata Kecamatan Kapur IX memiliki banyak spot-spot nan indah karena sebagian besar daerahnya masih alami. Jika dilihat Kecamatan Kapur IX memiliki topografi perbukitan dan memiliki banyak anak sungai, makanya nama Kapur IX diambil dari adanya sembilan anak sungai yang terdapat di kecamatan tersebut.

Kecamatan Kapur IX masyarakatnya bermayoritas sebagai petani gambir. Karena Kecamatan Kapur IX adalah sentral perkebunan gambir tersebar bahkan di Indonesia. Luas lahan gambir yang produktif tercatat 5.682 ha dengan total produksi 4.764,10 ton pertahun. Kecamatan Kapur IX memiliki daerah yang luas yaitu 732,36 km2 dan dengan jumlah peduduk 25.981 jiwa. Kapur IX juga terdiri dari 7 nagari dan 31 jorong.

Selain masyarakatnya bisa dibilang sudah sejahtera jika dibandingkan dengan kecamatan lain di Kabupaten 50 Kota. Namun masih disayangkan karena perhatian pemerintah Kabupaten bahkan Provinsi belumlah terlalu maksimal. Hal tersebut bisa terlihat dari pembangunan akses jalan belum merata dan masih ada masyarakat disana yang belum menikmati hal tersebut.

Kecamatan Kapur IX juga terlihat telah mulai berkembang. Baik dari segi pendidikan maupun didalam sarana dan prasana lainnya. Sampai sekarang tercatat sudah ada 33 SD yang tersebar di tujun nagari, enam SMP, dua SMA, satu MTSS dan satu SLB. Disini juga sudah tersedia dua Puskesmas yang terdapat di Nagari Muaro Paiti dan Nagari Sialang. Selain perkantoran pemerintah yang sudah gagah berdiri. Di Kecamatan Kapur IX juga sudah tersedia sebuah penginapan  di Nagari Muaro Paiti dan Nagari Sialang. Jadi jika rekan-rekan berkunjung ke sini, tidak sulit lagi jika berlibur lebih dari satu hari.

 

Untuk Paradisenya (surga tersembunyi) di Kecamatan Kapur IX bisa dikatakan ada pada tiap nagari di kecamatan ini. Mulai dari pemandangan nan indah jika dilihat dari atas perbukitan, sungai-sungai yang menawan dan juga air terjun yang berjuta pesona yang telah tersohor baru-baru ini.

Jika kita berkunjung ke Kecamatan Kapur IX, Kita harus melalui jalan dari simpang tiga yang memiliki tugu MTQ di Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Pertama memasuki Kecamatan Kapur IX kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam nan indah dan asri, di kiri dan kanan akan terlihat hutan semi gambut juga areal perkebunan gambir masyakatnya. yang terpapar sejauh mata memandang.

Nagari yang pertama kita lalui adalah Nagari Lubuk Alai dan Koto Lamo. Disini kita bisa melihat sungai kecil nan indah, meskipun kecil namun cekukan dangkal pada sungai tersebut sangat natural.

Sampaikan komentar & saran