368 JCH Dilepas Secara Resmi Oleh Bupati Irfendi Arbi


Post by : Bagian Humas Sekretariat Daerah, 11 Juli 201909:19:21
32 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

LIMAPULUH KOTA, -Sebanyak 368 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Limapuluh Kota dilepas secara resmi oleh Bupati Limapuluh Kota,Ir.H, Irfendi Arbi,M P di Aula kantor bupati, Bukik Limau, Sarilamak Rabu(10/7).

Tampak hadir dalam pelepasan tersebut beberapa kepala Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan yang juga merupakan ketua Tim Pendamping Haji Daerah, kepala OPD dilingkungan Pemkab Limapuluh Kota, Unsur Forkopimda Limapuluh Kota, dan tamu undangan lainnya.

Panitia penyelenggara keberangkatan Jemaah Calon Haji, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekkab Limapuluh Kota, Arwital mengatakan pemberangkatan jemaah haji pada tahun ini Pemkab Limapuluh Kota kembali menggratiskan seluruh akomodasi transportasi jemaah untuk menuju bandara serta menyediakan tenaga kesehatan untuk jemaah selama menjalankan ibadah.

"Ini semua adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat yang berangkat haji, dimana pemkab menfasilitasi kendaraan untuk keberangkatan para jemaah, sehingga nantinya seluruh calon jemaah tidak akan terbebani biaya transportasi untuk menuju bandara," ujarnya.

Selanjutnya, ia melaporkan pada tahun ini total jumlah jemah calin haji Kabupaten Limapuluh Kota berjumlah, 368 orang yang terdiri dari 150 jemaah laki laki dan 218 jemaah perempuan yang bakal berangkat dari Padang menuju Baitullah pada hari Minggu (14/7).

"InsyaAllah, para jemaah nantinya akan berangkat pada hari Minggu nanti, dan jemaah calon haji ini akan dibagi dalam dua kloter yaitu kloter 10 dan kloter 18," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Tanjung Pati, Ramzah Husmen, dalam sambutannya mengatakan dari 368 orang CJH Kabupaten Limapuluh Kota tersebut Kecamatan Guguak adalah Kecamatan terbanyak memberangkatkan CJH dengan jumlah 71 orang,  sementara Kecamatan Harau sebanyak 65 orang.

Selanjutnya Payakumbuh sebanyak orang 41, Kecamatan Akabiluru 36 orang, Kecamatan Luak sebanyak 18 orang, Kecamatan Lareh Sago Halaban berjumlah 7 orang, Kecamatan Mungka sebanyak 32 orang, Suliki sebanyak 21 orang, Bukit barisan sebanyak 11orang, Gunuang Omeh 11 orang, Pangkalan berjumlah 16 orang, dan terakhir Kecamatan Kapur berjumlah 30 orang.

"Tahun ini jemaah termuda di Kabupaten Limapuluh Kota adalah berumur 32 tahun bernama Ilham Saidi dan jemaah tertua berumur 87 tahun atas nama Zawajir," lapornya.

Sementara itu,Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengingat kepada seluruh jemaah calon haji Limapuluh Kota untuk selalu menjaga kesehatan, kedisiplinan, kesabaran, serta kekompakan selama menjalankan ibadah rukun Islam ke lima tersebut.

"Saya berharap para calon Jemaah Haji Kabupaten Limapuluh Kota yang akan berangkat beribadah haji untuk selalu memperhatikan hal-hal yang penting selama proses ibadah haji, sehingga kita akan fokus untuk beribadah. Dan yang terpenting, bagaimana kita terus menjaga kondisi kesahatan dan stamina dengan baik,jika kurang enak bedan segera melapor kepada petugas kesehatan,"ujarnya.

Dirinya juga menghimbau, agar jemaah dapat mengandalikan emosi diri dengan menghindari pertengkaran dan percekcokan sesama jemaah, selain itu jemaah dituntut untuk selalu mendengarkan dan mematuhi saran dari petugas haji yang terdiri dari Amirul Hajj, TPHD, TPIHD, ketua rombongan dan ketua regu selama disana.

"Kalau ada permasalahan yang dihadapi anggota jemaah jangan dibiarkan, cepat laporkan agar dapat dicari jalan keluarnya. Selalu pakai tanda pengenal selama disana sehingga kita tidak terpisah-pisah dan jika hendak pergi keluar jangan lakukan seorang diri ajaklah teman, atau ketua regu,"ungkapnya.

Irfendi dikesempatan itu juga mendoakan seluruh JCH Kabupaten Limapuluh Kota yang akan berangkat tersebut akan dapat menjadi haji yang mabrur dan hajjah yang mabruroh. Selain itu ia berharap para JCH tersebut berangkat dan pulang ke Kabupaten Limapuluh Kota tanpa kendala sedikit pun dan dalam kondisi sehat wal’afiat.

"Bagi keluarga yang ditinggalkan menuju Makkah Al-Mukkarammah, kiranya dapat mengikhlaskan keberangkatannya para CJH, dan mendoakan semoga keluarga kita menjadi haji yang mabrur dan hajjah yang mabruroh serta jemaah calon haji diberi kesahatan, selamat hingga kembali ke tanah air," pungkasnya.(ton)

Sampaikan komentar & saran