Diskominfo Lima Puluh Kota Adakan Sosialisasi DED Jaringan TIK Kabupaten Lima Puluh Kota


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 01 November 201908:04:47
39 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Diskominfo Lima Puluh Kota mengadakan pembahasan laporan antara DED jaringan TIK Kabupaten Lima Puluh Kota dengan narasumber dari Gama Techno, Johan Sudarmono dan Syahrizal Kakama, di Aula Diskominfo dan Ballroom Kolivera 3, Payakumbuh, Kamis, (31/10/2019)

Tanpa perencanaan yang baik seringkali penerapan teknologi informasi tidak akan optimal dan tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan. Sehingga dengan adanya perencanaan yang baik, penerapan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan akan dapat mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga biaya yang dikeluarkan nantinya bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan untuk kedepannya.

Program Kerja Diskominfo tahun 2020-2024 adalah membangun infastruktur jaringan SPBE seluruh OPD, Kecamatan Puskesmas dan Nagari, tahun 2019, menyiapkan DED infrastruktur jaringan, tahun 2021- dan seterusnya, memberkan pelayanan IT pada stakeholder lainya dalam mendukung smart city serta menyikapi era Internet of Things.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi nantinya akan mengubah mekanisme pelayanan publik dalam fungsinya terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Penerapan dan pembangunan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu kunci dalam reformasi birokrasi di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui peningkatan interaksi antara pemerintahan dan non pemerintahan.

Manfaat lain yang diperoleh dari pembangunan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi ini salah satunya adalah lancarnya proses komunikasi dan informasi antar instansi pemerintahan dalam jangkauan yang luas. Berdasarkan latar belakang tersebut maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan Kegiatan Pembinaan Sarana Kominfo dan Telkom (Pengadaan Detail Engineering Design (DED) Jaringan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kabupaten Lima Puluh Kota).

Maksud dari kegiatan ini adalah dalam rangka perencanaan untuk pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi Kabupaten Lima Puluh Kota dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan pemerintahan secara efektif dan efisien

Tujuan dari kegiatan ini adalah terciptanya sebuah dokumen Detail Engineering Design (DED) Jaringan Teknologi Informasi Komunikasi Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai acuan dalam pembangunan/pengem bangan infastruktur TIK Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Sasaran dari kegiatan pengadaan Detail Engineering Design (DED) Jaringan Teknologi Informasi Komunikasi Kabupaten Lima Puluh ini mencakup seluruh OPD, kecamatan, puskesmas dan nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Sebagai daerah yang memiliki wilayah yang luas dan beragam konturnya, pengembangan jaringan perlu dilakukan secara bertahap dan pemilihan teknologi yang tepat. Untuk menjaga kehandalan jaringan dan kebutuhan komunikasi data yang akan bertambah besar, maka kedepannya jaringan antar gedung di komplek dan menggunakan fiber optik (lingkaran warna biru) . Unit Kerja yang jauh dari komplek bupati menggunakan jaringan wireless maupun VSAT ( lingkaran warna merah).", ujar Syahrizal.

Sampaikan komentar & saran