BIMTEK PENGOLAHAN TANAMAN GAMBIR MEMBUKA WAWASAN PETANI DI TENGAH MUSIBAH COVID


Post by : Dinas Tanaman Pangan, 30 Juli 202010:16:55
160 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Hari ini rabu , 29 Juli 2020 Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota memfasilitasi Kelompok Tani Baruah Congkong mengikuti  Bimtek pengolahan tanaman  gambir yang bertempat di Aula Nagari Simpang Kapuak Kecamatan Mungka.   Acara ini tetap memperhatikan protokol kesehatan baik, memakai masker dan mengatur jarak duduk. 
Acara di buka lansung oleh kabid perkebunan Ibuk Welly Wenas, SP yang juga dihadiri oleh Wali Nagari, koordinator BPP, ppl dan sejumlah tokoh masyarakat.
Wali Nagari Bapak Felliadi, sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan adanya tindak lanjut dari kegiatan ini
Nara Sumber pertama Ir. Andi Eviza, MP, dosen perkebunan di Politani Tanjung Pati menjelaskan dengan baik pentingnya memperhatikan budidaya yang baik dalam berusaha tani gambir, pemupukan berimbang, pemangkasan, dan pengelolaan lahan . Disamping itu peserta juga diarahkan untuk menghasilkan produk gambir berkualitas serta memprodukasi produk turunan gambir   lainnya seperti teh gambir, masker, permen, kerupuk, peyek dan lain- lain.Peserta sangat antusias mngetahui hal-hal baru dalam  budidaya gambir dan   pengolahan hasilnya.  
Narasumber kedua Ibuk  Lela Misra , pelaku usaha teh gambir Afiyah, menjelaskan dan mempraktekkan tatacara pembuatan teh  gambir berkualitas sampai packing. 
 Kelompok Binaan dari Bapak Zulfahmi ini kedepannya merencanakan percontohan atau demplot gambir di kelompok tani sesuai arahan narasumber dan memproduksi teh gambir sendiri dalam meningkatkan nilai jual gambir ditengah harga yang makin merosot ditengah covid. ~(mngk)

Sampaikan komentar & saran