Sambangi Limapuluh Kota, Wamentan Laksanakan Penanaman Bibit Jagung Bersama Bupati


Post by : Bagian Protokoler dan Komunkasi Pimpinan, 15 Agustus 202209:06:02
42 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Limapuluh Kota,-Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi melakukan bersama Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo melakukan penanaman bibit jagung di Nagari Guguak VIII Koto, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu (13/8).

Usai melakukan penanaman bibit jagung, Wamentan yang didampingi Bupati Safaruddin memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang telah bekerjasama dan mendukung program Pemerintah Pusat untuk memenuhi Kedaulatan Pangan.

"Kunjugan kami ini merupakan undangan dari Bupati beberapa waktu lalu kepada kami, dan melihat langsung adanya akselerasi Kedaulatan Pangan disini berupa penanaman bibit jagung menggambarkan kepada seluruh masyarakat di Indonesia bahwa sektor pertanian kita tidak jalan ditempat, dan terus berjalan untuk menuju kedaulatan pangan nasional,"ujarnya.

Selain itu Ia berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat bahwa Pemerintah hadir dalam rangka pengembangan pangan secara nasional, dan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota. 

Di kesempatan itu, Harvick juga menyinggung masalah krisis pangan dunia yang terjadi pada saat ini. Ia berkeyakinan bahwasanya Indonesia tidak akan terpengaruh oleh dampak krisis pangan tersebut nantinya. 

"Di negara-negara lain sekarang telah dilakukan food security, yang artinya penghentian ekspor bahan pangan ke negara-negara lain untuk menjaga kestabilan pangannya. Namun di negara kita saat ini kita masih ekspor bahan pangan dan tidak kekurangan bahan pangan sama sekali,"sambungnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo mengaku bersyukur atas kunjungan Wamentan tersebut di Limapuluh Kota. Ia mengaku dengan kunjungan wakil menteri tersebut dapat membantu Kabupaten Limapuluh Kota dalam memenuhi kebutuhan bibit pertanian dan sarana-sarana pertanian lainnya. 

"Jadi saat ini kita fokus untuk komoditi jagung, sebab kebutuhan jagung di Limapuluh Kota saat ini perhari yaitu 600 ton/hari dan 200ribu ton/tahun sementara saat ini ketersediaan dari petani kita yaitu 37ribu/ton jadi masih jauh dari target. Sehingga dengan kunjungan Wamen ini hendaknya dapat menjadi angin segar untuk petani kita dan kami memohon bantuan bibit, peralatan dan teknologi pertanian nantinya"tutur Safaruddin.

Usai melakukan penanaman bibit jagung, rombongan Wakil Menteri dan Bupati Safaruddin juga menyempatkan meninjau pelaksanaan vaksinasi pada ternak sapi masyarakat di Nagari Guguak VIII Koto

Sampaikan komentar & saran