8 Tanda-tanda Anak Mengalami cyberbullying


Post by : Admin, 25 Januari 202311:46:13
6 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota - Cyberbullying dapat diartikan sebagai “kegiatan menyakiti yang disengaja dan dilakukan berulang kali melalui penggunaan komputer, HP, dan perangkat elektronik lainnya.” Interaksi ini sering kali berakibat pada penghinaan korban. Kegiatannya disengaja dan dilakukan terus-menerus sampai korban akan merasa tidak ada tempat yang aman dari cyberbully.

Anak-anak korban cyberbully sering kali kesulitan untuk berbicara dengan orang dewasa tentang hal yang sedang mereka alami. Mereka merasa dihina, atau mereka khawatir tidak akan diberikan lagi hak untuk menggunakan HP atau internet. Cyberbullying mempengaruhi anak-anak dan remaja melalui beragam cara, tapi hampir semua target online bullying mengalami stress. Orangtua harus cermat mengamati perilaku anak mereka untuk melihat jika ada suatu hal yang salah. Berikut 7 tanda-tanda anak mengalami cyberbullying :

  1. Perubahan nafsu makan
  2. Perubahan perilaku online (durasi main internet yang lebih banyak atau sedikit, diam-diam merahasiakan aktivitas mereka, menutupi atau menyembunyikan perangkat mereka di sekitar orangtua)
  3. Perubahan pola tidur akibat stress dan keresahan
  4. Perubahan drastis mood termasuk sedih dan depresi
  5. Enggan pergi ke sekolah karena takut bertemu pelaku bully atau merasa malu akan hal yang sudah dilihat orang lain di internet
  6. Menghabiskan waktu yang lebih sedikit dengan teman dan keluarga
  7. Nilai atau partisipasi yang menurun dalam aktivitas, biasanya karena stress, resah, atau depresi
  8. Merasa sakit secara fisik, contohnya, akibat sakit perut atau pusing yang dipicu stress

Perubahan perilaku seperti ini bisa memberi tanda kepada orangtua bahwa ada sesuatu yang salah dengan anak mereka. Semakin cepat orangtua menyadari tandanya, semakin cepat mereka dapat campur tangan dan mencegah kerugian yang lebih banyak. (Diskominfo-Norva Dega Fitri)

Sampaikan komentar & saran