Ubi Roti Menuju Unggul


Post by : Dinas Tanaman Pangan, 18 Agustus 202015:23:39
188 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Ubi Roti Menuju Unggul

Ubi kayu ( Manihot esculenta C ) atau yang lebih populer disebut dengan singkong merupakan tanaman perdu tahunan tropika dan subtropika. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.  Varietas unggul ubi kayu yang sudah dilepas oleh Kemeterian Pertanian cukup banyak diantaranya  Adira-1, Gajah, Mangu  dan lain – lain.  Untuk varietas lokal yang sudah berkembang, dan banyak dibudidayakan oleh petani terutama di kabupaten Limapuluh Kota  diantaranya varietas lokal Ubi  Dumay , Ubi Putih dan Ubi Roti.  Hasil olahan ubi kayu cukup bervariasi diantaranya untuk kerupuk sanjai, karak kaliang,  tepung, cemilan/kue, mie dan lain sebagainya.  Masing – masing varietas ubi kayu mempunyai kareteristik untuk bahan dasar olahan.  Khusus untuk ubi kayu Ubi Roti, banyak diminati bahan olahan untuk kerupuk.

Seksi Benih dan Perlintan Tanaman Pangan Bidang Budidaya Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan Kegiatan Uji Adaptasi Varietas Lokal Ubi Kayu.  Pengujian adaptasi ini dilaksanakan di Subarang Aia – Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban. Varietas ubi kayu yang diuji adaptasikan adalah varietas lokal Ubi Hitam, Ubi Kuning, Ubi  Dumay Ubi Putih dan Ubi Roti.

Dalam kegiatan pengamatan pertumbuhan ubi kayu yang dilaksanakan pada hari Rabu 12 Agustus 2020, Kepala Seksi Benih dan Perlintan Tanaman Pangan, Dian Kurnia mengungkapkan tujuan akhir dari pengujian adaptasi ini untuk mempersiapkan ubi kayu Ubi Roti sebagai varietas unggul yang secara legalitasnya nanti akan dikeluarkan surat keputusan pelepasan varietas unggul oleh Menteri Pertanian.  Dalam kaitan itu, pengujian adaptasi sebelum ini telah dilaksanakan di Sikabu-kabu Tj Haro Pd Panjang Kecamatan Luak.

Dilanjutkan oleh Dian Kurnia, “ Pengamatan pertumbuhan dilaksanakan pada saat tanaman berumur 3 bulan dan 6 bulan.  Sementara pengamatan komponen hasil dilaksanakan pada saat panen masing- masing varietas atau saat ubi berumur lk 9 bulan”.

Dengan kegiatan ini, diharapkan bertambahnya koleksi sumber daya genetik komoditi ubi kayu varietas unggul asal Kabupaten Lima Puluh Kota  yang bisa dimamfaatkan oleh petani./rf.

Sampaikan komentar & saran