Hari Lahir Pancasila


Post by : Dinas Pendidikan, 01 Juni 202010:18:33
724 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Sidang pertama BPUPKI berlangsung dari tanggal 28 Mei - 1 Juni 1945. Hari pertama sidang BPUPKI tanggal 28 Mei 1945, dibuka pukul 10.00 WIB di Gedung Tyuuoo Sangi-in (sekarang Departemen Luar Negeri Penjambon, Jakarta).
pada tanggal 1 Juni 1945 yakni 75 tahun yang lalu, Soekarno mengeluarkan gagasannya tentang dasar negara Pancasila yang diterima para anggota sidang lain secara baik. Pidato tanpa teks itu kemudian dikenal dengan nama "Lahirnya Pancasila" sebagaimana yang disebutkan oleh Ketua BPUPKI Dr Radjiman W. Walaupun pada kenyataannya, gagasan Soekarno ini dikembangkan lagi oleh PPKI melalui Panitia Sembilan.
Sejak tahun 2007, 1 Juni dijadikan hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila.
Bertepatan pada hari Senin 1 Juni 2020 setelah 75 tahun Kelahiran Pancasila akan tetap setia memperingatinya, baik secara fisik maupun simbolis, karena Pancasila sudah menjadi darah daging bagi masyarakat Indonesia.
Banyak yang memposting di media sosial sebagai bentuk memperingatinya walaupun dalam keadaan pandemi saat ini.
Tidak tinggal diam Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota ikut ambil alih dalam hal ini. Kepala DISDIKBUD Indrawati, S.Pd, M.M.Pd mengitkuti rapat koordinasi melalui Video Conference dengan berbagai dinas terkait dalam rangka memperingati "Hari Lahir Pancasila".

Sampaikan komentar & saran