"WORLD RABIES DAY" DIKABUPATEN LIMA PULUH KOTA


Post by : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, 23 September 201915:52:21
800 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

LIMA PULUH KOTA. Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day atau WRD) adalah sebuah kampanye global yang diselenggarakan pada tanggal 28 September setiap tahun. Peringatan Hari Rabies Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit RABIES dan pentingnya memberantas penyakit ini.

Hari Rabies Sedunia mulai diselenggarakan pada tahun 2007 Secara umum, pelaksanaan WRD dilakukan dengan sosialiasi kepada masyarakat dan vaksinasi rabies terhadap hewan, terutama anjing. Tujuan yang ingin dicapai oleh kampanye ini adalah memastikan anjing divaksin, membantu masyarakat yang membutuhkan profilaksis pascapajanan, dan menjadikan dunia bebas dari penyakit rabies pada tahun 2030.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam hal ini akan mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati WRD yaitu :

  • Tempat / lokasi UPTD Puskeswan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Simpang Kampus Politeknik Pertanian Payakumbuh / Politani Tanjung Pati)
  • Tanggal 24 s/d 26 September 2019
  • Waktu Jam 09.00 s/d 14.00 WIB
  • Acara antara lain :
  1. Edukasi,
  2. Vaksinasi,
  3. Eliminasi,
  4. Sterilisasi,
  5. KIE dan
  6. Talkshow Rabies (Radio Safasindo 98,2 FM pada tanggal 27 September pukul 10.00 WIB s/d selesai)

Untuk itu dihimbau kepada masyarakat pecinta hewan peliharaan terutama Anjing dan Kucing agar membawa hewan peliharaanya ke lokasi acara sesuai jadwal diatas, begitu juga himbauan kami kepada pengurus Persatuan Berburu Babi (PBB) agar menginformasikan kepada seluruh anggota untuk melakukan vaksinasi Rabies ini.

Selain kegiatan diatas juga terjadwal vaksinasi untuk beberapa daerah sekitar kantor UPTD Puskeswan pada pada tanggal 30 September 2019 antara lain meliputi wilayah Pasar Sarilamak, Tanjung Pati, Pulutan, Padang Rajo dan Koto Tuo. Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat mencegah dan mengurangi resiko Rabies di Kabupaten Lima Puluh Kota (NY).

Contak Person (CP) untuk pelaksanaan WRD, drh. Novika Arianti HP 0813 7419 4472

Sampaikan komentar & saran