Ikuti Talkshow, Kadisparpora "Kampuang Sarugo Kebanggaan Lima Puluh Kota"


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 29 September 202020:41:12
41 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Limapuluh Kota, Diskominfo - Dinas Pariwisata pemuda dan olahraga sedang mengupayakan sarugo untuk menang dalam Anugrah Pesona Indonesia (API) 2020. Sarugo merupakan perkampungan adat dengan rumah gonjong yang sangat padat. Deretan rumah gonjong ini membentuk barisan rapi dan semua menghadap ke Mesjid Raya. Sarugo atau kampung wisata saribu gonjong ini terletak di Jorong Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Kampung sarugo dikelilingi oleh perbukitan yang disekelilingnya terdapat agro wisata. Sangat terkenal dengan Jesigonya (Jeruk Siam Gunuang Omeh).  Sarugo merupakan desa binaan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) sejak satu tahun yang lalu. 

Kampung sarugo saat ini sudah sangat viral di media sosial. Kampung sarugo sama halnya dengan namanya, seperti surga. Kampung sarugo menjadi kebanggaan Limapuluh Kota saat ini karena masuk dalam Nominasi API 2020.  Masyarakat Kampung sarugo  sangat ramah, disiplin, ulet, suka bergotong-royong dan juga menjunjung tinggi adat istiadat serta nilai budaya. 

Selain alam dan budayanya , sarugo masih punya banyak  potensi wisata lainnya yang tak kalah menarik perhatian, yakni wisata sejarah. Kampung ini merupakan daerah penting semasa PDRI, Syafruddin Prawiranegara berserta petinggi lainnya pada masa itu ternyata bermukim disana, sehingga pemerintah Kab.Limapuluh Kota membuat museum pahlawan PDRI yang mulai dibangun sejak tahun 2012, namun pembangunannya sempat terhenti. 

“Alhamdulillah Limapuluh kota masuk dalam Nominasi API (Anugrah Pesona Indonesia) 2020. Adapun Icon yang menjadi Nominasi adalah Kampung Sarugo yang terletak di Jorong Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Baik pemerintah  maupun masyarakat sedang mengupayakan agar bisa menang dalam nominasi API tersebut.” Ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan olaraga Dr. Hj Nengsih, S.Pd., M.Pd saat melakukan talkshow di Radio Harau FM, Tanjung Pati pada Senin (28/9/20).

Marilah kita jaga dan kelola tempat-tempat wisata yang ada di daerah kita dengan baik, karena jika dikelola dengan baik, itu akan memperbaiki perekonomian masyarakat. Terutama ditempat-tempat wisata yang dapat mendatangkan wisatawan asing. Pastinya wisatawan asing akan membutuhkan tempat tinggal dan juga makanan khas daerah Limapuluh Kota. 

“Saya sangat berharap kita saling bantu membantu dalam memberikan dukungan berupa vote wisata Sarugo dengan mengetik  API (spasi) 13D kirim 99386. Kirim sebanyak-banyaknya agar kita bisa menang. Karena satu SMS sangat membantu.” Tambahnya

Sampaikan komentar & saran