Agro Pintar di SDIT An-Nahl


Post by : Dinas Tanaman Pangan, 29 September 202010:00:17
40 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Agro Pintar di SDIT An Nahl

Menyikapi mulai menurunnya gairah generasi muda dalam menekuni sektor pertanian terutama pada tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan, maka SDIT (SD Islam Terpadu) An Nahl Guguak Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lima Puluh Kota mengembangkan kegiatan Agro Pintar.

“Kita tumbuhkan kecintaan kembali generasi muda sedari dini ke pertanian, sehingga mereka paham bahwa sektor ini tidak saja harapan tetapi secara tidak langsung mereka belajar biologi, ekologi, dan produksi komoditi, “jelas Zairil,SP kepala UPTD Balai Pelaksana Penyuluhan Pertanian Distanhortbun Kabupaten Lima Puluh Kota seusai mendampingi sekitar 20 orang murid SDIT An Nahl Guguak praktek lapang di hamparan sawah Kelompok tani Koto Somiak Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Rabu (23/09/2020) lalu.

Selanjutnya Zairil,SP memberikan pembelajaran kepada peserta kegiatan Agro Pintar mengenai bagaiman cara menanam, menyiang dan memupuk tanaman padi.   Selain itu peserta juga mendapatkan pembelajaran tentang cara perbanyakan tanaman dengan cangkok dan stek.

Inisiatif para pengajar di SDIT ini patut ditiru oleh sekolah – sekolah lain dalam rangka menumbuh kembangkan cinta dan mengenal pertanian sejak dini.  Dalam kegiatan ini para siswa mengikuti acara secara aktif dan antusias untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang segala hal yang terlihat langsung oleh para siswa.

Kepolosan anak-anak juga membawa warna tersendiri dalam mengutarakan pertanyaan ringan tentang tanaman padi.  Bagi mereka, hal ini tidaklah mudah dimengerti tanpa teladan dan pemberian pengetahuan yang menumbuhkan aktifitas lapangan untuk menambah pengetahuan. Di akhir pembelajaran Zairil, SP menjelaskan kepada anak-anak “bahwa manfaat dari pembelajaran Agro Pintar ini akan berguna untuk masa mendatang saat memasuki perguruan tinggi khususnya jurusan pertanian”

(By. Teti Maiyuri, SST)

Sampaikan komentar & saran