Nagari Taram Wakili Sumbar ke Tingkat Nasional


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 17 Juli 201914:10:58
636 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat regional/nasional tahun 2019. Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota yang sebelumnya menjadi juara 1 ditingkat Provinsi kini kembali mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat Nasional/Regional. Bertempat di halaman kantor wali nagari Taram, Selasa, 16 Juli 2019. Wali Nagari Taram Defrianto Ifkar beserta masyarakat setempat menyambut kedatangan Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi yang datang bersama tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat nasional. 

Bupati Lima Puluh Kota mengapresiasi masyarakat Taram yang mendapat berbagai prestasi dan menjadi utusan provinsi ditingkat Nasional. 

"Selamat kepada Nagari Taram yang telah berhasil menjadi terbaik pertama, dan mewakili Provinsi Sumatera Barat ke tingkat nasional. Kita berdoa, semoga kita kembali menjadi yang terbaik di tingkat nasional,”ujar Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi ketika memberikan sambutan. 

"Ada lagi Sato Sakaki Membangun Nagari, yakni iyuran sukarela masyarakat Nagari untuk kegiatan pembangunan masyarakat dan salah satu pemanfaatan tanah ulayat sebagai pandam pekuburan,"ujarnya.

Nagari Taram juga berhasil mengelola objek wisata kapalo banda Taram dan wisata religi Surau Tuo Taram oleh Kelompok Sadar Wisata yang berintegrasi dengan BUMNAG Nagari. "Hebatnya, di Nagari ini kelompok dasawisma juga membuat pupuk cair dari limbah nasi sisa,"ungkapnya.

Dibidang kemasyarakatan, Taram juga dinobatkan sebagai pelopor Swa-JKN dimana mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam keikutsertaan dalam Program JKN KIS, menyediakan layanan konsultasi terhadap program JKN KIS, mengintegrasikan data-data penerima manfaat dari program lainnya seperti PKH, RASTRA, BDT dan lainnya.


"Kedatangan kami hari ini ialah untuk mengklarifikasi dengan mencocokkan data yang dikirimkan dengan kondisi nyata yang terjadi di lapangan. Lomba ini untuk memotifasi masyarakat dan pemerintah desa/kelurahan untuk mengoptimalkan sumber daya dan budaya yang ada. Hasil dari lomba nantinya merupakan usaha dan kepedulian bapak dan ibuk sekalian, bukan karena kami tim penilai, adalah merupakan tugas kita bersama sebagai masyarakat dan aparatur negara untuk berbakti kepada bangsa dan tentu saja demi memajukan nagari" ujar Delfi Diana selaku tim penilai lomba. 

Nagari Taram tampil menjadi yang terbaik dari 647 nagari lainnya di Sumatera Barat yang ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar tentang penetapan pemenang perlombaan nagari dan kelurahan berprestasi.

Semoga Nagari Taram sukses menjadi desa/kelurahan terbaik tingkat Nasional dan menjadi kebanggaan bagi kita bersama serta kebanggan bangsa. Tutup Wali Nagari Taram, sebelum mengajak bupati dan tim penilai ke lapangan.

Sampaikan komentar & saran