Nagari Muaro Paiti Dikunjungi Tim Penilai Lomba Nagari Berprestasi


Post by : Bagian Protokoler dan Komunkasi Pimpinan, 23 Juni 202208:48:51
7 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota,- Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin dt Bandaro Rajo di dampingi Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota,Ny.Nevi Safaruddin menghadiri secara langsung kegiatan Pembukaan Lomba Nagari Muaro Paiti yang berlangsung di kantor Wali Nagari Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX, Senin (20/6). 

Tampak juga hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua II DPRD Syamsul Mikar, Camat Kapur IX Wiko Putra, Ketua Tim Penilai Lomba Nagari A. Masrul beserta rombongan tim, dan Wali Nagari Muaro Paiti Marsis.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Lima Puluh Kota itu menyampaikan rasa terimakasihnya kepada tim penilai dari Provinsi yang telah datang ke Nagari Muaro Paiti kecamatan Kapur IX.

“Mewakili seluruh masyarakat Daerah 50 Kota, saya ingin berterimakasih yang sebesar-besarnya untuk atensi Bapak/Ibu tim penilai yang telah datang jauh-jauh dari Padang ke nagari Muaro Paiti ini. Lomba Nagari ini merupakan suatu kegiatan rutin setiap tahunnya di daerah, kami berharap nantinya Nagari kita ini dapat berprestasi ditingkat Provinsi,"ujar Safaruddin.

Tak dkalah penting ia juga mengapresiasi masyarakat Nagari Muaro Paiti yang sangat antusias dalam mendukung kegiatan tersebut. 

Selanjutnya, Bupati Safaruddin berpendapat bahwa keikutsertaan Nagari Muaro Paiti dalam lomba Nagari ini bisa menjadi wadah dalam mewujudkan aktualisasi pembangunan dari segala aspek, dimulai dari nagari sebagai bentuk terkecil dari Perangkat Daerah. 

"Sesuai dengan Tema acara ini yakni,  Kita wujudkan Nagari Muaro Paiti Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh Menuju Lima Puluh Kota lebih Maju. Maka dari itu, untuk mewujudkan pembangunan, kita harus bersemangat dan senantiasa bersinergi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing. Sehingga apabila itu berjalan baik maka visi daerah yakni terwujudnya lima puluh kota yang madani, beradat dan berbudaya dalam kerangka adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah dapat terwujud,"sambungnya.

Di kesempatan itu, Safaruddin dihadapan tim penilai Lomba Nagari juga mengungkapkan seluruh kegiatan dan prestasi yang terdapat  di Nagari Muaro Paiti, baik itu di bidang pemerintahan, pariwisata, hasil tani, kesehatan, dan lain sebagainya.

“ Di bidang pemerintahan, Muaro Paiti melakukan inovasi di pelayanan yang memungkinkan seluruh warga tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor bupati atau camat, cukup sampai di wali nagari saja, nantinya wali nagari yang akan meneruskan permasalahan tersebut ke tingkat lebih tinggi. Disini juga selalu di upayakan pemanfaatan tanah ulayat untuk pandam pekuburan, pengadaan fasilitas-fasilitas untuk kepentingan bersama, penggarapan tanah untuk lahan pertanian. Sementara Untuk pariwisata sendiri, telah dibuka destinasi wisata Aia Angek yang insyaAllah akan dikelola dengan baik oleh Nagari, juga ada pusat kebugaran yang dibangun pemerintah nagari. Di Muaro Paiti ini juga terdapat budidayaLele Jumbo, serta berbagai UMKM anak nagari yang akan kita bina terus ke depannya. Tidak hanya itu, Muaro Paiti juga terkenal dengan program peduli Dhuafanya.”tutur Bupati

Dengan banyak prestasi dan inovasi tersebut, Safaruddin berharap semoga Muaro Paiti mendapat nilai plus dari tim penilai dan seraya berharap untuk menjadi juara nantinya di tingkat Provinsi. Sehingga nantinya dapat menjadi motivasi untuk ke depannya bagi nagari lainnya di Lima Puluh Kota untuk berprestasi.

Sampaikan komentar & saran