Tinjau Pabrik Pembuatan Air Nira, Bupati Optimis Akan Menjadi Salah Produk Unggulan Lima Puluh Kota


Post by : Bagian Protokoler dan Komunkasi Pimpinan, 01 Februari 202221:17:13
104 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota,- Usai meresmikan pembukaan musrenbang tingkat Kecamatan di Lareh Sago Halaban, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo melakukan peninjauan pengolahan air aren di salah satu pabrik UMKM di Lareh Sago Halaban.

Usaha pengolahan air aren atau yang biasa dikenal dengan sebutan air Nira tersebut di geluti oleh kelompok tani Gu-Seta yang merupakan kelompok tani asal Nagari Labuah Gunuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban. 

Di pabrik pengolahan air nira itu Bupati melihat langsung pengolahan dan proses packaging olahan yang berasal dari air pohon aren tersebut. 

Ia optimis dengan semangat dan inovasi kelompok tani Gu-Seta ini produk air nira tersebut dapat laris dipasaran nantinya. "Ini sangat luar biasa, semangat petani di Nagari Labuah Gunuang ini patut untuk diapresiasi, saya yakin produk ini nantinya dapat dikita kembangkan dan berpotensi untuk menjadi produk unggulan daerah kita,"ujarnya.

Di kesempatan itu dirinya langsung memesan kepada kelompok tani untuk menyediakan olahan minuman air aren tersebut untuk tersedia di rumah dinasnya dan kantor bupati. "Saya mau minuman ini terus ada dikantor dan rumah dinas, jadi para tamu yang berkunjung serta pegawai kita, kita ajak untuk mengkonsumsi minuman sehat ini," ungkapnya. 

Sementara itu ketua kelompok tani Gu-Seta, Manik mengaku senang atas kunjungan Bupati ke pabrik pengolahan minuman tersebut. Ia mengungkapkan selain air nira fresh olahan lain dari air aren tersebut juga ada bentuk gula semut dan juga manisan. 

"Terimakasih atas kunjungannya pak, semoga dengan kunjungan bapak beserta rombongan ini dapat memberikan perhatian khusus untuk perkembangan produk kami ini. Saat ini kami beranggotakan 20 orang, kami berharap usaha ini terus berjalan dan dapat dikenal orang banyak." ungkapnya. 

Selain itu, Ia menjelaskan khasiat dari mengkonsumsi air nira serta olahan air aren lainnya yaitu meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan stamina, mengobati sariawan, menguatkan tulang serta melancarkan pencernaan. (Ton)

Sampaikan komentar & saran