MARI CEGAH BERSAMA PENYEBARAN COVID-19 (PENYEMPROTAN DESINFEKTAN)


Post by : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, 31 Maret 202011:51:01
420 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Sekilas informasi tentang Covid 19 disadur dari berbagai sumber salah satunya dari www.cigna.co.id dan www.unicef.org yaitu : Virus Corona atau lebih dikenal dengan sebutan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) adalah sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Sebagian virusnya dapat mengingeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu, hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Novel coronavirus (CoV) adalah galur baru dari coronavirus. Penyakit ini, yang disebabkan oleh novel coronavirus yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Tiongkok, diberi nama coronavirus disease 2019 (COVID-19) –  'CO' berasal dari corona, 'VI' berasal dari virus, dan 'D' berasal dari disease (penyakit). Sebelumnya, penyakit ini disebut dengan '2019 novel coronavirus' atau '2019-nCoV.'

Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan percikan dahak dari orang yang terinfeksi (melalui batuk dan bersin), dan jika menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus. Virus ini dapat bertahan selama beberapa jam di permukaan, tetapi disinfektan sederhana dapat membunuhnya.

Gejalanya yaitu demam, batuk, dan napas yang pendek. The Center for Disease Control and Prevention (CDC) percaya bahwa pasien Virus Corona dapat mengalami gejala-gejala ini dari 2 hari sampai 14 hari setelah terpapar virusnya. Gejala-gejala ini mirip dengan flu (influenza) atau pilek biasa, yang jauh lebih umum daripada COVID-19. Untuk itulah diperlukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui apakah seseorang menderita infeksi novel coronavirus. Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah pencegahan utamanya sama – sering cuci tangan, menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin dengan bagian dalam siku atau dengan tisu, lalu buang tisu ke dalam tempat sampah yang tertutup.

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah seseorang terinfeksi Virus Corona. Cara terbaik untuk melindungi diri kita adalah dengan menghindari kondisi atau tempat dimana Anda berpotensi terpapar virus tersebut. Sebuah lembaga pencegahan penyakit di Amerika, Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan Anda sejumlah hal-hal di bawah ini untuk mencegah penyebaran penyakit pernapasan, yaitu:

  • Perbanyak cuci tangan menggunakan air dan sabun paling tidak selama 20 detik, terutama sebelum Anda keluar kamar mandi; sebelum makan; dan setelah Anda buang ingus, atau batuk, atau bersin.
  • Jika air dan sabun tidak tersedia, gunakanlah pembersih tangan alkohol dengan kandungan alkohol sebanyak minimal 60%
  • Hindari menyentuh wajah sebelum Anda cuci tangan
  • Hindari kontak dekat dengan orang-orang sakit
  • Tinggal di rumah jika Anda sakit
  • Tutupi mulut Anda saat batuk dan bersin dengan menggunakan tisu
  • Perbanyak membersihkan barang-barang Anda serta perabotan di rumah Anda

Dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 pada hari senin tanggal 30 Maret 2020 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melakukan penyemprotan desinfektan diseluruh areal kantor mulai dari seluruh ruangan didalam kantor maupun yang bagian luar serta parkiran dan selanjutnya seluruh areal komplek UPTD BIB Tuah Sakato DPKH Provinsi Sumatera Barat dan areal Masjid Nurul Jadid yang berada di dalam komplek perkantoran.

Kegiatan ini digagas oleh plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ir. Indra Suriani) dan melibatkan seluruh ASN Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta bekerjasama dengan karyawan UPTD BIB Tuah Sakato DPKH Provinsi Sumatera Barat. Semoga dengan dilakukannya penyemprotan desinfektan ini dapat mengurangi dampak penyebaran COVID-19 dilingkungan kerja dan semoga dengan peningkatan kewaspadaan dini dari setiap lapisan masyarakat dapat terhindar dari penyebaran COVID-19, (NY).

Sampaikan komentar & saran