Dinas Perikanan Adakan Sosialisasi Budidaya Ikan sekaligus Pelepasan Bibit Ikan


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 18 Oktober 201911:05:36
361 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang budi daya ikan yang baik, Dinas Perikan Lima Puluh Kota menggelar sosialisasi Cara Budidaya Ikan, Kamis (17/10/19).

Tujuan dari kegiatan ini selain menyukseskan TMMD/N ke 106 di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, juga untuk meningkatkan pengetahuan bagi pembudidaya ikan tentang cara budidaya ikan yang baik, serta memberikan motivasi kepada pembudidaya ikan untuk berusaha melakukan usaha budidaya secara baik dan benar.

Pada umumnya keberhasilan budidaya ikan air tawar dalam meningkatkan kualitas jaminan keamanan pangan atau mutu hasil produksi perikanan ditentukan oleh faktor lingkungan seperti tanah dan air.

Jumlah dan kualitas air harus menjadi perhatian agar usaha budidaya ikan air tawar bisa menjadi optimal. Bukan hanya tanah dan air saja yang menjadi pengaruh terjaminnya keamanan pangan produk perikanan tetapi cara budidaya ikannya harus aman dan secara bertahap. Hal ini dikarenakan hasil produksi budidaya tersebut akan digunakan sebagai bahan makanan. 

Selain itu memelihara atau membesarkan ikan yang baik adalah harus dalam lingkungan yang terkontrol dan memperhatikan sanitasi sehingga nantinya akan menghasilkan ikan dengan kualitas unggul.

Sosialisasi yang dilaksanakan di MDA Al  Akhdar Nagari Situjuah Limo Nagari dengan peserta para pembudidaya ikan di Nagari Situjuah Ladang Laweh ini diaksanakan mengingat cara pembudidayaan yang mereka gunakan untuk membudidaya masih tergolong tradisional, sehingga ada kemungkinan hasil produk perikanan yang masyarakat hasilkan tidak bisa menjamin keamanan pangan suatu produk.

Melalui sosialisasi ini diharapan masyarakat bisa menerapkan program cara budidaya ikan yang baik untuk meningkatkan kualitas dan mutu dan keamanan ikan untuk kedepannya.

Setelah pelaksanaan sosialisasi, Dinas Perikanan bersama TNI dan Masyarakat sekitar melakukan pelepasan ribuan bibit ikan di kolam-kolam milik pembudidaya ikan yang berada di Jorong Atas Nagari Situjuah Ladang Laweh.

Sampaikan komentar & saran