Tingkatkan Kapasitas Teknis, Diskominfo LPK Adakan Pelatihan Teknis Pengelolaan Website


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 10 September 201915:51:52
11 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Dalam rangka meningkatkan kompetensi teknis aparatur di bidang teknologi informasi, Dinas Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan pelatihan teknis pengelolaan website di Gedung LPSE, Tanjung Pati, 9 s/d 10 September 2019

Pelatihan ini diikuti oleh pejabat dan staf lingkup Dinas Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota. Nara sumber pada pelatihan ini adalah Alfian Sabri Tanjung, SE seorang praktisi dibidang teknologi informasi dan website.

Membuat sebuah website memang terlihat mudah, karena hanya membutuhkan keahlian sebagai web programmer dan web designer. Namun ada kalanya membuat website terlihat sulit dan rumit, terutama ketika kita tidak tahu apa yang dibutuhkan untuk bisa membuat website terlihat menarik dan informatif.

Alfian menyampaikan dalam membuat website perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut : pertama, buat website yang simple namun memiliki ciri khas tersendiri. Kedua, website harus mempunyai tampilan yang konsisten, jangan sampai setiap buka website posisinya berubah-ubah. Ketiga, perhatikan pemilihan font/teks, karena penggunaan font/teks yang cocok dengan website akan memberikan nilai tambah tersendiri. Kenali jenis font/teks yang cocok dengan karakter website yang kita buat.

"Ketika website kita ditujukan untuk anak, kita bisa memilih jenis font/teks yang ceria dan tidak membosankan, sehingga website yang kita buat memiliki daya tarik jika dibuka dan dilihat kalangan mereka. Begitu juga ketika website yang kita buat mengarah ke hal yang serius seperti website pemerintahan, maka kita bisa memilih jenis font/teks yang sedikit lebih formal dan konsisten." jelas Alfian.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam pembuatan website adalah pemilihan warna. Sama halnya dengan penggunaan teks/font tadi, pemilihan warna juga harus sesuai dengan jenis dan fungsi dari website yang dibuat. Serta poin penting terakhir dalam pembuatan website adalah penyusunan tata letak. 

"Agar sebuah website memiliki nilai daya tarik dan informatif, terlebih dahulu kita perlu membuat gambaran / desain tampilan website nantinya, serta memahami akan difungsikan untuk apa website tersebut." ungkap alfian lebih lanjut.

Sampaikan komentar & saran