Bertemu Wamendag, Bupati Safaruddin Bicarakan Revitalisasi dan Digitalisasi Pasar Rakyat


Post by : Bagian Protokoler dan Komunkasi Pimpinan, 31 Mei 202213:02:58
33 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Jakarta, Prokopimda, 

Pasar rakyat merupakan bagian penting dan sumber perekonomian masyarakat. Ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia pedagang dihadapkan dengan situasi yang membuat masing-masing individu untuk dapat beradaptasi dan bertahan. Hal itu menjadi diskusi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dengan Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga di ruang kerja Wamendag, Gedung Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Disampaikan Safaruddin, pasar tradisional di Kabupaten Limapuluh Kota pada masa Covid 19 mengalami stigmatisasi terhadap aktivitas yang dilakukan di pasar rakyat. Sehingga terjadinya minat belanja masyarakat yang menurun dan berdampak kepada meruginya para pedagang. Ia juga mengungkapkan tantangan digitalisasi juga menjadi hal yang tidak bisa dielakan pada masa itu. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota berkeinginan, berkerjasama dengan kementerian terkait dan akan berproses untuk melakukan adaptasi inovasi, sekaligus tantangan membentuk pasar tradisional dengan sentuhan digitalisasi.

"Sejalan dengan program Kementerian Perdagangan dan demi keberlangsungan ekonomi yang baik untuk masyarakat, ini perlu kita lakukan sekaligus menjawab tantangan era digitalisasi yang terus berjalan kencang di tengah-tengah masyarakat. Pasar Dangung-Dangung akan kita upayakan untuk itu," kata Safaruddin.

Menjawab apa yang disapaikan bupati, Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan bahwa pemerintah telah memberikan atensi lebih terhadap pasar rakyat dan pedagang pasar rakyat guna menjaga pertumbuhan ekonomi nasional selama pandemi Covid-19.  

Lanjut menurut Jerry, Kementerian Perdagangan mendorong para pedagang dan pengelola pasar rakyat untuk melakukan digitalisasi pasar. Caranya dengan melakukan transaksi secara daring, melalui platform media sosial, marketplace, maupun transaksi secara nontunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

Dalam kesempatan itu Jerry menyapaikan keinginannya turun langsung ke Kabupaten Limapuluh Kota untuk meninjau langsung aktivitas pasar dan seluruh fasilitas yang ada pada pasar rakyat yang akan menuju digitaisasi.

"Dalam waktu dekat pak bupati, saya akan datang ke Kabupaten Limapuluh Kota untuk mengadvokasi pasar rakyat digital." Ungkap Wamendag Jerry Sambuaga.

Ia menambahkan, dalam kesempatan yang ada. Dirinya juga ingin melakukan program pemberdayaan sumberdaya manusia kepada para pedagang dan UMKM yag ada di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Selain pemberdayaan sumber daya manusia, pembangunan atau revitalisasi pasar yang terdigitalisasi di seluruh provinsi hingga pelosok Indonesia adalah salah satu prioritas utama Kementerian Perdagangan. Kabupaten Limapuluh kota sudah kita catat dalam agenda kerja." Tutup Jerry.

Sampaikan komentar & saran