Tim 2 Safari Ramadhan Pemkab Sambangi Pondok Pesantren Kakek Muhammad Hatta


Post by : Bagian Protokoler dan Komunkasi Pimpinan, 09 April 202212:41:35
54 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota,- hari ke 6 kegiatan safari ramadhan tahun 2022, tim 2 safari ramadhan Pemkab Lima Puluh Kota mengunjungi Komplek Pondok Pesantren Al-Manaar, Batu Hampa tepatnya di Masjid Ar-Rahman, Jum'at (8/4). 

Ketua rombongan tim 2 safari ramadhan tersebut, Rizky Kurniawan Nakasri itu disambut langsung oleh wali nagari Batu Hampa, beserta puluhan masyarakat di nagari tersebut. 

Hadir dalam rombongan tersebut, Ketua GOW Lima Puluh Kota, Ny. Lira Rizki Kurniawan, Asisten Petekonomian dan Pembangunan Fitma Indyarani, beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Lima Puluh Kota, Ketua MUI kabupaten Lima Puluh Kota, Syafrijon, Camat Akabiluru, Ismed dan unsur Forkopimca Kecamatan Akabiluru. 

Dalam sambutannya, Wali Nagari Batu Hampa, Romi Suardi mengucapkan terimakasih dan rasa syukurnya atas kunjungan tim safari ramadhan Pemkab Lima Puluh Kota. 

"Ini merupakan, kali kedua kami menerima bantuan tim safari ramadhan Pemkab Lima Puluh Kota, kunjungan sebelumnya yaitu beberapa tahun yang lalu dan Allhamdulilah, malam ini tim safari ramadhan ini kembali ke nagari kami," ujarnya. 

Di kesempatan itu, Ia mengatakan kunjungan tim 2 safari ramadhan Pemkab Lima Puluh Kota pada saat itu merupakan tempat bersejarah. "Kami menyebut tempat ini Surau Dagang, dan komplek pesantren Al-Manaar ini merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Sumatera Barat, dan pendirinya merupakan kakek Proklamator kita Muhammad Hatta yaitu Syeh Abdurrahman," sambungnya. 

Ia meminta kepada kepala Wakil Bupati untuk menjadikan komplek pesantren tersebut untuk menjadi aset cagar budaya Kabupaten Lima Puluh Kota, mengingat sejarah yang dimiliki oleh pondok pesantren tersebut. 

Sementara itu, Wakil Bupati, Rizki Kurniawan Nakasri dalam sambutannya mengatakan, kegiatan safari ramadhan saat itu merupakan malam kunjungan ke 6 safari ramadhannya berkunjung ke masjid-masjid di Lima Puluh Kota. Ia meyakini, dengan kegiatan safari ramadhan ini pasti banyak harapan yang tertompang dari masyarakat dapat disampaikan kepada Pemimpinnya. 

"Alhamdulillah,kita telah berkunjung ke 6 masjid di Lima Puluh Kota. Adapun tujuan safari ramadhan ini ialah untuk mempererat silaturahmi, dimana kita mendekatkan pemimpin langsung kepada masyarakatnya"ungkapnya.

Selain itu, dikesempatan tersebut ia mengatakan, tujuan safari ramadhan dalah untuk memaparkan kinerja dan visi-misi kepala daerah ke pada masyarakatnya. 

"Jadi visi misi kami bersama Bupati adalah menginginkan menciptakan banyak tahfiz quran di Lima Puluh Kota. Dengan mendirikan satu rumah tahfiz pernagari, jadi kami berharap nantinya disetiap rumah di Kabupaten Lima Puluh Kota ada lebih kurang satu penghafal alquran,"tuturnya.

Selanjutnya, Ia mengatakan di tahun 2022 ini akan dilakukan percepatan pembangunan di pinggiran Lima Puluh Kota termasuk di Kecamatan Akabiluru ini. "Jadi di Kecamatan Akabiluru ini kami telah menganggarkan dana lebih kurang 4 Miliar untuk membangun dan memperbaiki infrastrukturnya" sambung Wakil Bupati. 

Berikutnya, Pria yang kerap disapa RKN itu mengatakan akan membangun ekonomi Lima Puluh Kota dengan cara majukan sektor Pariwisata dan akan menargetkan menciptakan 50 objek wisata unggulan di Lima Puluh Kota. 

"Selain itu, kita juga akan membangun, membenah dan memajukan pembangunan Ibu Kota Kabupaten Sarilamak dan terakhir kita juga akan membuka lebih kurang 20rb Ha lahan untuk swasembada jagung pakan, mengingat kita Lima Puluh Kota merupakan sentra penghasil telur dan daging ayam ," tukasnya. 

Ditempat yang sama, masyarakat di nagari Batu Hampa yang hadir di masjid Ar-Rahman tersebut meminta kepada wakil bupati tambahan tenaga guru tahfiz dan jam belajar untuk siswa-siswi untuk belajar tahfiz alquran di daerah tersebut. 

Selain itu, masyarakat juga meminta tempat pengelolaan sampah di nagari. "Sampai saat ini sampah masyarakat masih banyak bertebaran sehingga merusak keasrian lingkungan dan mengkontaminasi sumber-sumber air di nagari, jadi kami mohon solusi dari dinas terkait pak," imbuh seorang warga. 

Yang tak kalah penting, masyarakat juga meminta perbaikan jalan dan irigasi di nagari tersebut, serta meminta Pemkab melalui dinas pertanian untuk mengatasi permasalahan kelangkaan pupuk subsidi dan menanggulangi harga pupuk non subsidi di lapangan dan terakhir masyarakat meminta pengadaa  mobil ambulan untuk nagari. 

Acara safari ramadhan tersebut di akhiri dengan penyerahan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 20.000.000 yang diserahkan oleh Wakil Bupati kepada pengurus masjid Ar-Rahman. (Ton)

Sampaikan komentar & saran