Pelaksanaan Sekolah Lapang IPDMIP di Kecamatan Harau


Post by : Dinas Tanaman Pangan, 03 Agustus 202015:22:08
98 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program) merupakan program pemerintah dibidang irigasi yang bertujuan untuk mewujudkan keberlanjutan sistem irigasi, baik irigasi kewenangan pusat, provinsi, kabupaten.  Pelaksanaan kegiatan IPDMIP di wilayah kerja BPP Kec. Harau yang difasilitasi oleh Bidang Prasarana, sarana, Pembiayaan dan Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan Kab. Lima Puluh Kota tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di dua nagari yaitu Nagari Sarilamak dan Nagari Taram.  Untuk Nagari Sarilamak dilaksanakan di Daerah Irigasi (DI) Batang Sanipan sedangkan di Nagari Taram dilaksankan diDaerah Irigasi (DI)  Batang Mungo.

Kegiatan  IPDMIP bertujuan untuk dapat mengatasi berbagai kendala dalam peningkatan produksi pertanian, Mengurangi kemiskinan, mempomosikan kesejahteraan jender dan meningkatkan gizi masyarakat di daerah aliran irigasi.

Peserta kegiatan IPDMIP ini adalah petani yang memiliki lahan dan memanfaatkan sumber air irigasi dari Daerah Irigasi (DI) tersebut.Kegiatan Sekolah Lapang IPDMIP di Nagari Sarilamak diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari 1 kelompok tani pelaksana yaitu kelompok tani Buah jerami yang di ketuai oleh Rena Helena  serta 7 kelompok tani pendamping yaitu kelompok tani Sanipan Saiyo, Muaro saiyo, Balta Saiyo, Tunas Jaya, Tunas Harapan, Asoka, Kulin Jaya sedangkan Sekolah Lapang di Nagari Taram diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari 1 kelompok pelaksana yaitu kelompok tani Ridho yang di ketuai oleh Masri dan 12 kelompok tani pendamping yaitu Jabar Nur, Sarasa, Sawah Bakir,

Kegiatan ini di mulai dengan identifikasi masalah-masalah yang ada di wilayah Daerah irigasi, kemudian di susunlah materi pembelajaran di dalam Sekolah Lapang untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sekolah Lapang ini di rencanakan dilaksanakan sebanyak 12 kali pertemuan di setiap daerah irigasi. Sekalah lapang ini dilaksanakan menggunakan metode pembelajaran orang dewasa. Disamping melaksanakan Sekolah Lapang, peserta juga melaksanakan pembelajaran di lapor lapang sehingga materi pembelajaran yang di peroleh dari Sekolah Lapang dapat Langsung di prsaktekan di Labor Lapang.(HRU)

Sampaikan komentar & saran