Pembinaan Persiapan Pencairan Dana Bantuan Kegiatan PUAP


Post by : Dinas Tanaman Pangan, 07 Agustus 202012:58:03
211 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Situjuah 3 Agustus 2020, Penyuluh Nagari Situjuah Batu Asni Warti, A.Md melakukan pembinaan di Gapoktan Situjuah Batua dalam rangka persiapan pencairan dana bantuan Kegiatan Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP).PUAP merupakan bentuk fasilitasi Bantuan Pinjaman modal usaha untuk petani anggota, baik petani pemilik, petani penggarap, buruh tani maupun rumah tangga tani yang dikoordinasikan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di tingkat Nagari.
Pembinaan dilakukan terhadap aspek kelembagaan dan manajerial di Gapoktan Situjuah Batua agar dapat memenuhi persyaratan sebagai mana diatur dalam  Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis kegiatan PUAP ini. Selain itu, juga diperdalam pemahaman tentang tanggungjawab dan peranan setiap pengurus dalam menjalankan kegiatan ini agar maksud, tujuan serta sasaran kegiatan dapat tercapai sebagaimana semestinya. Gapoktan melalui Unit Usahanya yaitu Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) Situjuah Batua harus dapat mengelola dan menyalurkan dana bantuan PUAP ini kepada anggota yang benar benar memerlukan bantuan permodalan untuk usaha taninya.
Ditengah krisis yang disebabkan Pandemi Covid-19 ini, Ketua Gapoktan Situjuah Batua Zulman berharap dengan dicairkannya Bantuan Pemerintah melalui Kegiatan Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) ini dapat  menjadi stimulus permodalan bagi petani yang tergabuang dalam Gapoktan, sehingga produksi produk pertanian utamanya bahan pangan dapat terus ditingkatkan. ~(STJH)

Sampaikan komentar & saran