Hari Harus Jadi Moment Koreksi Kekurangan


Post by :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: user_name

Filename: limapuluhkota/v_beritadetail.php

Line Number: 263

Backtrace:

File: /var/www/clients/client42/web41/web/application/views/limapuluhkota/v_beritadetail.php
Line: 263
Function: _error_handler

File: /var/www/clients/client42/web41/web/application/controllers/Limapuluhkotaterkini.php
Line: 90
Function: view

File: /var/www/clients/client42/web41/web/index.php
Line: 315
Function: require_once

, 28 April 201508:25:50
2447 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

(Laporan : Hendri Gunawan)


MOMENTUM peringatan hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota hendaknya menjadi bahan renungan untuk melihat sudah sampai dimana perjalanan dan pembangunan daerah ini. Tak kalah pentingnya, mengoreksi berbagai kekurangan yang perlu diperbaiki, serta menjadi titik membangkitkan kembali semangat untuk berbenah dan optimistis melanjutkan pembangunan.

Setidaknya begitu harapan berbagai pihak di daerah ini dalam menyikapi Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintahan Umum Kabupaten Lima Puluh Kota yang ke 174 yang jatuh pada tanggal 13 April 2015 ini.

“Kita berharap peringatan hari jadi yang ke 174 itu menjadi moment untuk meningkatkan tekat dan keyakinan kita buat melanjutkan pembangunan berbagai di bidang di masa mendatang. Sekaligus, merenungkan berbagai kekurangan untuk dievaluasi dan diperbaiki di masa mendatang,” ungkap Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH menjawab Sinamar di kantornya, baru-baru ini.

Namun, tidak dipungkiri hingga kini tidak sedikit kemajuan yang diperoleh daerah ini. Kemajuan itu antara lain pemindahan Ibu Kota Kabupaten (IKK) dari Kota Payakumbuh ke Sarilamak. Bahkan kini sejumlah satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) sudah berkantor di lokasi IKK Sarilamak.

Kemajuan lainnya, daerah ini telah membuat kerangka-kerangka atau acuan peraturan-peraturan dalam rangka meningkatkan kinerja aparatur sipil negara. Dengan adanya acuan peraturan itu, diharapkan tidak ada lagi aparatur sipil negara di daerah ini yang terjerat hukum.

“Sejumlah kemajuan yang dicapai itu hendaknya menjadi pijakan buat meraih prestasi lebih baik lagi pada masa mendatang,” tutur Safaruddin.

Menyoal harapan ke depan, lebih lanjut anggota dewan dari Partai Golkar ini menginginkan pemerataan pembangunan infrastruktur hingga ke pelosok nagari di daerah pinggiran. Infrastruktur itu antara lain berupa jalan kabupaten di Jorong Manggani, Sungai Dadok dan Jorong Palangki Tangan Kecamatan Gunuang Omeh.

Berikutnya jalan kabupaten di Nagari Banjalaweh Kecamatan Bukit Barisan, Talang Maua Kecamatan Mungka dan sejumlah ruas jalan kabupaten lainnya di Kecamatan Kapur IX, Pangkalan, Lareh Sago Halaban dan lainnya.

“Sejumlah jalan kabupaten yang ada di pelosok itu rata-rata sudah rusak berat bahkan hancur. Malah ada diantaranya yang bisa untuk memelihara ikan seperti di sejumlah lobang di ruas jalan Talang Maua,” papar Safaruddin sembari menambahkan harapan pemerataan pembangunan infrastruktur itu ke depan.

Begitu pula di bidang ekonomi, anggota dewan beberapa periode ini melihat masih banyak irigasi yang belum terbenahi. Sehingga produktifitas hasil pertanian terutama padi sawah belum optimal. Sementara mata pencarian masyarakat di daerah ini mayoritas di bidang pertanian.

“Selain jalan, kita juga berharap infrastruktur irigasi menjadi salahsatu prioritas pembangunan ke depan,” ujar laki-laki yang akrab disapa Datuak Safar.

Terkait dengan aparatur, Safaruddin juga menginginkan penempatan pejabat sesuai potensinya serta adanya upaya peningkatan kapasitas kelembagaan. Sasarannya, jelas untuk mewujudkan pemerintahan yang berorientasi clean government dan good governance.

Intropeksi

Hal senada ikut disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra, S.Si. Ia berharap momentum ulang tahun daerah itu menjadi ajang instropeksi terhadap apa yang sudah dilakukan dan evaluasi untuk menjawab apa dan bagaimana langkah yang harus dilakukan ke depan.

“Kita berharap peringatan HUT pemerintah umum daerah ini menjadi refleksi untuk memacu semangat untuk membangun daerah ini,” ungkap Deni sembari mengakui, hingga kini cukup banyak keberhasilan yang telah diraih pemerintah daerah ini.

“Kita tidak membantah memasuki usia yang ke 174 ini cukup banyak keberhasilan yang telah diraih pemerintah daerah Kabupaten Lima Puluh Kota seperti pemindahan IKK,” ujar Deni

Begitu pula perkembangan pembangunan seperti infrastruktur, juga jauh berkembang dari tahun ke tahun. Namun, tidak dipungkiri, pengalokasian pembangunan infrastruktur itu belum merata.

“Jalan di nagari lain sudah banyak yang beraspal mulus, bahkan tidak sedikit nagari yang jalan lingkungannya mendapatkan pekerasan beton. Tapi, jalan di Jorong Maua Nagari Talang Maua belum tersentuh aspal sama sekali,” ujar Deni.

Kalau tidak merata, lanjut Deni, jangan heran kalau ada masyarakat yang beranggapan musrenbang yang dilakukan selama ini hanya seremonial atau formalitas.

Menyikapi pengalokasian pembangunan yang belum merata tersebut, Deni mempertanyakan keberanian pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran minimal Rp1 milyar per nagari.

“Kita mengapresiasi sejumlah prestasi yang diraih daerah ini yang tidak hanya telah berhasil memindahkan IKK dari Kota Payakumbuh ke Sarilamak, namun juga berbagai prestasi lain seperti Kalpataru dan lainnya. Tapi, kita berharap apa yang sudah diraih itu dievaluasi dan lebih ditingkatkan lagi,” ulang Deni.

Terlepas dari berbagai prestasi yang diraih, wakil rakyat itu juga berharap pemerintah daerah ke depan mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Kita berharap, melewati usianya yang ke 174 ini Pemkab Lima Puluh Kota juga bisa mewujudkan pelayanan yang lebih prima terhadap masyarakat,” ucap Deni.

Pada bagian lain, Deni juga menginginkan pemerintah daerah lebih serius lagi mengangkat berbagai potensi seni budaya tradisional yang sebagiannya telah semakin hilang dan terancam punah.

Agar berbagai harapan pembangunan itu terwujud, Deni berharap adanya dukungan dan peran aktif masyarakat. (hendri gunawan)

Sampaikan komentar & saran