Kostratani Bagian dari Gerakan Pembangunan Pertanian


Post by : Dinas Tanaman Pangan, 24 Agustus 202010:34:33
61 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Acara Sosialisasi Pengaplikasian Laporan Utama Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani)  di BPP Kecamatan Guguak pada tanggal 12 Agustus 2020 dihadiri oleh I Wayan Ediana selaku Kepala Bagian Penyelenggara pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI dan Ir. Ollyandes, S.Pt, Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian (UPTD-BPPP) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Propinsi Sumatera Barat.

Kostratani merupakan pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Salah satu pengaplikasiannya dengan cara pelaporan secara periodik dalam aplikasi Laporan Utama Kementerian Pertanian RI tentang data luas luas tanam, luas produksi, pengolahan hasil pertanian dan lainnya. Dengan demikian, diperlukan koordinasi dan sinergi kegiatan pembangunan pertanian ini di subsektor antara lain tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan perkebunan dengan dukungan teknologi informasi.

Acara ini juga dihadiri oleh seluruh koordinator BPP kecamatan dan petugas administrasi  kostratani kecamatan.  Dengan adanya sosialisasi dari Kementerian Pertanian RI ini diharapkan akan terwujud kostratani yang terarah dan terlaksana dengan baik dengan memfokuskan pada 2 fungsi BPP sebagai pusat kostratani yakni, pusat data dan informasi dan pusat gerakan pembangunan pertanian kecamatan./qq

 

 

Sampaikan komentar & saran