Diskominfo Lima Puluh Kota Laksanakan Talkshow dengan Narasumber DPMDN Lima Puluh Kota


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 23 April 202109:55:02
45 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan Dialog Interaktif/ Talkshow  bersama Radio Safasindo FM dengan Narasumber Kepala Bidang Keuangan dan Aset Nagari Marzuki, S.Sos, M.Si dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/ Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota, Kamis (22/04/2021). 

Marzuki menyampaikan Pengelolaan dan Transparansi Dana Desa bersumber dari Undang-undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa kemudian Aturan Pelaksanaannya Peraturan Pemerintahan No 43 Tahun 2014 beserta perubahannya. Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI No 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Peraturan Bupati No 6 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Dana Desa. 

Dana Desa ditetapkan melalui APBDesa/ Nagari untuk Alokasi mencakup 4 Alokasi yaitu Alokasi Dasar, Alokasi Formula, Alokasi Konfirmasi dan Alokasi Kinerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, sedangkan penyaluran Dana Desa terbagi 2 yaitu Nagari Reguler dan Nagari Mandiri, kemudian Penata Usahaan Pertanggungjawaban dan Pelaporan melalui Aplikasi yang disediakan oleh Permendagri yaitu SisKeuDes. 

Prioritas Dana Desa sebagaimana diatur oleh Permen Desa khususnya mencakup bidang Pembangunan dan bidang Pemberdayaan Masyarakat didalam pelaksanaannya tentu harus sesuai dengan kewenangan yang sudah ada dimasing-masing Nagari diKabupaten Lima Puluh Kota. 

"Transparansi Dana Desa adalah salah satu Azas didalam pengelolaan keuangan Nagari karena dalam Pengelolaan Keuangan Desa terdapat 4 Azas yaitu Transparansi, Akuntabel, Partisipatif, Tertib dan Disiplin Anggaran.", tambah Marzuki.

Sampaikan komentar & saran