Kunjungan Mahasiswa KKN Universitas Andalas Tahun 2020 di BPP Guguak


Post by : Dinas Tanaman Pangan, 03 Agustus 202015:08:05
135 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Pada hari Selasa, 28 Juli 2020 BPP Guguak mendapat kunjungan Mahasiswa KKN Universitas Andalas di Nagari Guguak VIII Koto, sebanyak 10 orang yang berasal dari  fakultas Pertanian, Hukum dan Kesmas. Kunjungan ini bertujuan sebagai media bertukar informasi tentang kegiatan dan fungsi balai penyuluhan pertanian di tingkat kecamatan.

Manurut Mereka Kecamatan guguak memiliki potensi yang besar sebagai kawasan pengembangan pertanian. Hal itu dilihat dari citra satelit/foto udara, areal pertanian di kecamatan guguak sangat produktif. Namun, setelah ditinjau ke lapangan, melalui wawancara dengan kelompok tani, diperoleh informasi bahwa petani kesulitan dalam memeroleh pupuk bersubsidi sesuai kebutuhanj usaha pertaniannya, juga pengendalian hama dan penyakit tanaman yang tidak tepat dan menyebabkan gagal panen.

Melalui KKN UNAND ini mereka berusaha memperkenalkan Sistem Pertanian Terpadu (intregrited farming sistem). Dalam Sistem pertanian terpadu ini  diperkenalkan cara pengolahan limbah peternakan dan pertanian, yaitu inovasi Terra Preta, pupuk organik padat, dan pupuk organik cair dan pestisida nabati. Diharapkan nantinya akan tercipta pertanian organik dengan nilai jual yang lebih baik.

Pada kesempatan ini koordinator BPP Kecamatan Guguak Rodiah Syukrianti menyampaikan informasi tentang Petani Milenial sekaligus memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk turut serta berperan memajukan penyuluhan pertanian,dan ikut berperan dalam memajukan pembangunan pertanian.

Di penghujung kunjungan pertemuan, mahasiswa memberikan kenangan - kenangan berupa Peta penggunaan lahan dan Peta Jenis Tanah di Kecamatan Guguak,  layout oleh Marza Zulhadi dan Panji Romadhan.(GGK)

Sampaikan komentar & saran