Targetkan Limapuluh Kota Mardeka Sinyal, Bupati Safaruddin Resmikan BTS Koto Tinggi


Post by : Bagian Protokoler dan Komunkasi Pimpinan, 28 Januari 202208:56:24
100 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota,-Terpusat di halaman Kantor Camat Gunuang Omeh, Nagari Koto Tinggi, Kamis, (27/1). Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meresmikan Base Transceiver Station (BTS) Koto Tinggi, Gunuang Omeh Migrasi dari Layanan 2G ke 4G.

Peresmian BTS itu juga ditandai dengan penandatanganan MoU antara PT. Telkom Witel Sumbar dengan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan juga pelaksanaan zoom meeting di tempat berbeda di Nagari guna memastikan jaringan yang telah diresmikan serta pelaksanaan pemotongan pita. 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo Lima Puluh Kota, Eki Hari Purnama mengatakan  latar belakang kegiatan ini ialah tekad Pemkab Lima Puluh Kota untuk menjadi daerah smart city dan melakukan transformasi daerah ke era digitalisasi.

"Selain itu kegiatan ini juga nantinya berguna untuk meningkatan promosi pariwisata, serta untuk menunjang sektor ekonomi didaerah kita,"ujarnya.

Selanjutnya, Ia mengatakan kegiatan launching BTS ini terlaksana karena kerjasama antara Pemkab Lima Puluh Kota dengan Telkom serta atas dukungan dari masyarakat di Kecamatan Gunuang Omeh. 

"Ini juga merupakan salah satu bentuk apresiasi untuk daerah Koto Tinggi, karena merupakan daerah perjuangan PDRI saat mempertahankan kemerdekaan," sambungnya. 

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat Kecamatan Gunuang Omeh, yang sekaligus ketua KAN, Irfan Dt. Rajo Marajo mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada Bupati beserta jajaran yang telah memberikan dan menghadirkan sinyal 4G di daerahnya. 

"Dengan adanya BTS dengan provider 4G sangat berimbas langsung kepada masyarakat kita di sini. Di mana masyarakat kami sekarang lebih mudah berkomunikasi dan serta dapat mempermudah anak-anak kami dalam melaksanakan proses belajar mengajar di masa pandemi ini," ungkapnya. 

Senada dengan hal tersebut, Ketua DPRD Deni Asra juga mengapresiasi dengan telah diresmikannya BTS Koto Tinggi ini, Ia berharap Pemerintah Daerah akan terus berkolaborasi dan bekerjasama dengan pihak Telkom dalam menuntaskan permasalahan sinyal di beberapa titik di Lima Puluh Kota. 

"Semoga permasalahan jaringan ditiap pelosok Kabupaten Lima Puluh Kota dapat teratasi dengan program ini, sesuai dengan tagline yang diosong yaitu menuju Lima Puluh Kota Merdeka Sinyal, semoga hal tersebut dapat terealisasi pada periode Bupati kita ini,"ujarnya.

Ia juga berharap, dengan telah adanya jaringan internet di Koto Tinggi ini juga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, terutama dalam mempromosikan UMKM di berbagai media nantinya. 

Sementara itu, GM Telkom Witel Sumbar, Alfi Sumarta mengapresiasi keinginan dan dorongan Bupati dalam melakukan tranformasi daerahnya ke arah era digitalisasi. 

"Melihat semangat Bupati untuk melakukan transformasi ini, membuat kami juga semakin bersemangat dalam bertugas, semoga ke depan akan lebih banyak daerah yang belum menikmati sinyal kita fasilitasi," ungkapnya. 

Ia mengatakan, yang menjadi kendala dalam penyebaran luasan jaringan ke tiap daerah di Lima Puluh Kota adalah kontur alam yang berbukit-bukit, namun Ia menekankan hal tersebut tidak akan menjadi halangan oleh pihaknya dalam menjalankan tugas.

"Proses pembangunan dan penyebar luasan jaringan ini akan dilakukan secara bertahap di tiap daerah, jadi kami berpesan kepada masyarakat di Kecamatan Gunuang Omeh yang telah mendapat fasilitas jaringan ini untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah diberikan ini,"sambungnya.

Terakhir Ia mengatakan, target pihaknya kedepan akan melakukan penyebaran jaringan ke rumah-rumah didaerah pelosok, sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan mobilitas. "Senang atas dukungan masyarakat di Gunuang Omeh ini. Langkah selanjutnya mari kita membimbing anak-anak untuk mempergunakan akses internet ke hal-hal yang positif,"tutupnya.

Di tempat yang sama, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo yang didapuk meresmikan BTS Koto Tinggi tersebut dalam sambutannyasambutannya mengungkapkan persemian BTS ini merupakan mimpi yang telah lama dinanti-nanti. 

"Peresmian BTS hari ini sejalan dengan misi Pemerintah Daerah kita yaitu meningkatkan pembangunan infrastruktur secara terpadu yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik,"ujarnya.

Ia mengungkapkan, dirinya bersama dengan seluruh jajarannya di Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota akan berkomitmen membangun Lima Puluh Kota menuju daerah yang Smart City. 

"Komitmen untuk pengembangan Smart City di Kabupaten Lima Puluh Kota dapat kita wujudkan dengan terus menjalin bekerjasama dengan pihak yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan Smart City salah satunya dengan pihak PT. Telkom," sambungnya. 

Ia berharap dengan diresmikannya BTS Koto Tinggi ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Kecamatan Gunuang Omeh nantinya. Serta di kesempatan itu Ia berharap kerjasama berkelanjutan dengan pihak Telkom guna mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Lima Puluh Kota sehingga akan terciptanya Kabupaten Lima Puluh Kota Merdeka Sinyal nantinya. (Kopim50)

Sampaikan komentar & saran