Talago Jadi Pilot Project Nagari Cyber


Post by :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: user_name

Filename: limapuluhkota/v_beritadetail.php

Line Number: 263

Backtrace:

File: /var/www/clients/client42/web41/web/application/views/limapuluhkota/v_beritadetail.php
Line: 263
Function: _error_handler

File: /var/www/clients/client42/web41/web/application/controllers/Limapuluhkotaterkini.php
Line: 90
Function: view

File: /var/www/clients/client42/web41/web/index.php
Line: 315
Function: require_once

, 28 April 201503:14:12
2378 dibaca

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: link

Filename: limapuluhkota/v_beritadetail.php

Line Number: 279

Backtrace:

File: /var/www/clients/client42/web41/web/application/views/limapuluhkota/v_beritadetail.php
Line: 279
Function: _error_handler

File: /var/www/clients/client42/web41/web/application/controllers/Limapuluhkotaterkini.php
Line: 90
Function: view

File: /var/www/clients/client42/web41/web/index.php
Line: 315
Function: require_once

/35balon.jpg" alt="File foto tidak ditemukan !!!" class="rounded" style="height: auto;">

“Jangan sampai IT dibuang karena dampak negatifnya, sebab IT itu merupakan sebuah keniscayaan yang tidak mungkin kita elakan,”

 

Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguak akan menjadi nagari cyber percontohan di Propinsi Sumatera Barat. Hal ini sesuai dengan rencana Sumbar untuk menjadi provinsi syber satu-satunya di Indonesia.

“VII Koto Talago merupakan nagari yang pertama sekali dicanangkan menjadi nagari syber di Provinsi Sumatera Barat. Kita berharap VII Koto Talago menjadi pilot projek nagari cyber di provinsi inim,” ungkap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya pada acara launching  Nagari Cyber VII Koto Talago dan Axioo Class Program di SMKN 2 Guguak, Minggu (15/3) sembari meminta anggaran yang turun untuk cyber Propinsi Sumbar nantinya juga dialokaasikan untuk VII Koto Talago.

Dikatakan Gubernur, cyber merupakan suatu keniscayaan. Orang yang ingin maju tidak mungkin menghindar dari cyber. Sebab cyber merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia seperti handpone.

“Ketika handpone ketinggalan, bisa dipastikan seseorang akan balik lagi ke rumahnya. Sebab alat komunikasi itu sangat dibutuhkan dalam kesehariannya,” kata gubernur.

 Tak hanya untuk menerima telpon atau SMS, ujar Gubernur, seluruh informasi sudah ada di handpone.  Bahkan kini, anak usia sekolah dasar sudah membutuh IT seperti untuk mencari tugas-tugas sekolahnya.

Lebih jauh gubernur memaparkan, selain memberikan berbagai keuntungan, IT juga juga mempunyai dampak negatif terutama bagi anak-anak. Namun, ancaman itu tidak harus ditakuti, asal ada upaya pengendalian anak dengan menanamkan keimanan dan ilmu agama.

“Jangan sampai IT dibuang karena dampak negatifnya, sebab IT itu merupakan sebuah keniscayaan yang tidak mungkin kita elakan,” tegas Gubernur.

Sebilah pisau, ujar Gubernur, tidak bisa disebut negatif sekalipun bisa digunakan untuk hal negatif seperti membunuh orang. Sebab, pisau itu merupakan peralatan dapur yang sangat diperlukan bagi kaum ibu untuk memasak.

Dalam penyampaiannya gubernur juga mengapresiasi Bupati, para tokoh masyarakat dan berbagai pihak di Kabupaten Lima Puluh Kota yang telah memberikan motivasi dan dukungan sehingga berdirinya Nagari cyber tersebut.

“Kita sangat berterimakasih kepada bupati dan berbagai pihak yang antusias mendukung kegiatan ini. Kami salut dengan VII Koto Talago yang lebih duluan mencanangkan nagari cyber dari Propinsi Sumbar,” aku Irwan Prayitno.

Sebelumnya Bupati  Puluh Kota Alis Marajo mengakui, perkembangan zaman dewasa ini daerah saat ini menuntut kemajuan teknologi informasi. Karenanya, Pemkab Lima Puluh Kota sangat merespon secara positif cyber nagari tersebut.

”Kita sangat bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak yang mendukung nagari cyber ini. Ke depan, program pemerintah menuju konsep e-government kami dukung dan akan kami jadikan keniscayaan kemajuan di daerah ini,” ujar Alis.

Bupati yakin, cyber tersebut akan lebih mendekatkan hubungan masyarakat VII Koto Talago yang ada dikampung halaman dengan para perantau. Selain itu IT ini juga akan lebih memudahkan berbagai pelayanan terhadap masyarakat di pemerintahan nagari, serta mendukung pengembangan usaha perekonomian masyarakat.

Sementara salahseorang tokoh masyarakat VII Koto Talago Prof Ganefri dalam sambutannya menegaskan VII Koto Talago sangat siap menjadi nagari cyber dengan administrator SMKN 2 Guguak.   Dalam program ini SMKN 2 Guguak telah menjalin koneksitas dengan kantor wali nagari dan jorong-jorong.

“Secara struktur, nagari ini siap menjadi nagari cyber. Dengana danya cybver ini, ke depan diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mendukung produktifitas kegiatan perekonomian masyarakat seperti halnya pemasaran berbagai produk kerajinan yang ada di nagari ini,” ujar Ganefri sembari mengatakan, apalagi, nagari cyber ini merupakan yang pertama sekali di launching di Sumbar. (hendri gunawan)

Sampaikan komentar & saran