Diskominfo Lima Puluh Kota Laksanakan Talkshow Bersama Camat Lareh Sago Halaban


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 17 Juli 202107:42:10
44 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota bersama Radio Safasindo FM melaksanakan Talkshow/ Dialog Interaktif dengan narasumber  Camat Lareh Sago Halaban  yang dihadiri oleh Kasi Kessos Budi Mardana, S. Km, Jumat (16/07/2021). 

Budi Mardana, S. Km menyampaikan Kecamatan Lareh Sago Halaban memiliki 8 Nagari,  49 Jorong dengan jumlah penduduk  lebih kurang 37.986 jiwa. Untuk perekonomian masyarakat kecamatan lareh sago halaban antara lain disektor pertanian dan tambang   galian c sampai ke tambang batu ngalau di Nagari Tanjung Gadang dan Halaban. Tambang batu ngalau sudah beroperasi sejak 3 tahun yang lalu, sementara untuk produk unggulan di kecamatan lareh sago halaban adalah Songket, di halaban sendiri ada rumah songket sebagai sarana tempat pelatihan, tempat informasi dan tempat pengumpulan hasil songket, masing-masing nagari memiliki kelompok-kelompok produksi songket sendiri. 

Pihak provinsi Sumatera Barat  sering melakukan pelatihan terhadap kelompok-kelompok pengrajin songket, pembinaan langsung dilakukan oleh kabupaten secara berkala dan melakukan regenerasi terhadap kaum muda yang berminat dan berbakat dibidang songket khususnya kita merekrut anak-anak kita yang tidak menyambung sekolah atau belum menyambung sekolah ketingkat yang lebih tinggi, terkait dengan masa pandemi tentu ada pengaruh terhadap distribusi songket, ekonomi menurun maka permintaan dan harga juga ikut turun. 

"Alhamdulillah saat ini antusias masyarakat untuk songket sudah mulai meningkat terbukti dari pinjaman kelompok songket yang meningkat dan tidak ada tunggakan", tutup kasi kessos.

Sampaikan komentar & saran