Kecamatan Luak Keroyok UMKM


Post by : Kecamatan Luak, 31 Januari 202011:50:57
152 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Kec.Luak. Dengan adanya sinergi antara Dinas Perikanan, Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Lima Puluh Kota bersama Kecamatan Luak keroyok Usama Mikro Kecil Menengah (UMKM) hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kebersamaan didalam menumbuhkan usaha dan mencetak lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di Kecamatan Luak Khususnya.

 

Hal ini disampaikan Camat Luak Drs. Muftil Wahyudi Selasa (28/01/20) di ruangan kerja bersama Penyuluh Perikanan Lapangan Muharzi,A.Md dan Pendamping UMK Kecamatan Luak Eri Gunawan sesaat sebelum melakukan pembinaan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan POKLAHSAR MEKAR JAYA Nagari Mungo.

 

Nagari Mungo sangat di kenal dengan ikannya, memiliki bahan baku Ikan yang melimpah ruah, kenapa tidak kita mamfaatkan dan mengolah Ikan menjadi olahan ?

 

Seperti diketahui bersama ikan memiliki nilai protein yang tinggi dengan omega 3 yang berfungsi mencerdaskan otak, namun peningkatan komsumsi ikan tidak bisa dilakukan secara parsial dan sporadic akan tetapi butuh langkah dan wadah untuk menyatukan semua unsur untuk mendorong peningkatan komsumsi ikan” Terang Arzi dalam sambutannya di kelompok POKLAHSAR MEKAR JAYA Nagari Mungo.

Selama ini yang dikenal orang hanya dengan bibit ikan di nagari Mungo, Tapi saat ini, dari sekadar ikan hidup bisa dibuat dengan banyak variasi dan rasa. Misalnya, seperti yang dilakukan oleh Kelompok POKLAHSAR MEKAR JAYA ini menghasilkan Makanan Olahan dari ikan berupa Kue Bawang Ikan, Serundeng Ikan, Sosis Ikan, Nuget Ikan, dendeng ikan, Baby Fish dan lain-lainya” terangnya lagi.

Dengan adanya Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Lima Puluh Kota sebuah kelompok usaha dapat mempermudah pengembangan, pemberdayaan, dan peningkatan hasil produksi serta memperluas jaringan pemasaran” terang Eri Gunawan Pendam UMKM Kecamatan.

" kami selaku pendamping siap mendampingi dan menjembatani Kelompok UMKM dalam terus mencetak wirausaha-wirausaha baru, terutama dari kalangan masyarakat menjadi wirausaha di bidang ekonomi kreatif itu potensinya sangat besar. Untuk menggali kreatifitas, kita harus out of the box atau harus berbeda dengan orang lain," ujarnya.

Seperti kita ketahui bersama di Gedung Plut UMKM Kabupaten Lima Puluh Kota telah memiliki Konsultan Bidang Pemasaran, Konsultan Bidang Pembiayaan. Konsultan Bidang Kelembagaan, Konsultan Bidang Produksi dan Konsultan Bidang Sumber Daya Manusia” Terangnya lagi.

 

“Kami telah mencoba mengajak khususnya anak2 kami sendiri untuk gemar mengkomsumsi ikan namun hanya beberapa waktu mereka menjadi bosan, maka terinspirasilah kami para orang tua untuk mengolah ikan menjadi bahan makanan lainnya seperti kue bawang ikan, serundeng ikan, Ikan crispy, dendeng ikan, dan lain-lainnya.” Ucap Imra Ketua Poklahsar Mekar Jaya

 

“Kami yang terdiri dari beberapa orang sepakat mencoba mengolah ikan menjadi makanan yang disukai anak-anak, namun ternyata setelah mencoba akhirnya baik anak-anak orang dewasa menyukai hasil olahan kami. Terangnya lagi

 

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali atas pembinaan yang dilakukan semoga kedepan kami bisa menjadi contoh pengembangan kewirausahaan di Kecamatan Luak bagi usaha kecil yang berbasis Pengolah dan Pemasar Ikan yang dikelola menjadi pangan olahan melalui teknologi tepat guna, serta model pemberdayaan  masyarakat yang berkelanjutan dan Memberdayakan serta mengembangkan masyarakat untuk menjadi wirausahawan yang handal dan berwawasan ke depan dengan melibatkan masyarakat banyak. (arhye.Adm).

Sampaikan komentar & saran