Tanam Perdana Sereh Wangi di Tujuah Koto Talago


Post by : Dinas Tanaman Pangan, 17 September 202016:07:07
165 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Berawal dari musrenbang tahun 2019 lalu, Wali Nagari Tujuah koto talago,  Yon Hendri,  bersama Ketua BUMNag ,Menzis Bustami,  mulai menggagas pemanfaatan Potensi lahan marginal yang ada di daerah perbukitan jorong sipingai.  Pemilihan Tanaman Sereh Wangi didasarkan pada pertimbangan prospek pasar minyak atsiri yang masih luas, terutama untuk industri, kosmetik dan obat obatan.

Tanaman Sereh Wangi (Cymbopogon nardus (L.) Rendl.) merupakan tumbuhan berumpun dengan tinggi sekitar 50 – 100 cm,  banyak mengandung citronella oil yang memiliki konsentrasi oksidan dan fitokimia. Citronella oil murni sendiri memiliki sifat antiseptik, antimikroba, dan anti jamur sehingga kerap digunakan sebagai bahan pembuatan minyak atau sabun serai dan juga diandalkan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Pada Hari rabu, bertepatan pada tanggal 16 September 2020, di jorong Sipingai, Nagari Tujuh Koto Talago, Kecamatan Guguak dicanangkan Tanam Perdana Sereh Wangi yang di hadiri Oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lima Puluh Kota, Eki Hari Purnama, yang dalam, kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan rasa bangga karena BUMNag telah membuat terobosan baru dalam mengembangkan pertanian didaerah dan jeli membaca prospek pasar, diharapkab BUMNag terus menjalin koordinasi dengan dinas terkait  mengenai pengembangan komoditi ini dan rencana pengembangan selanjutnya.

Pengembangan Sereh Wangi dimulai dengan lahan seluas 5Ha dan didampingi dengan penanaman di pekarangan oleh masyarakat sekitar, kedepannya hasil panen daun sereh wangi ini akan ditampung atau dibeli oleh BUMNag untuk disuling menjadi minyak atsiri. Sehingga ekonomi masyarakat dapat digerakan dengan adanya pengolahan sereh wangi dari hulu sampai hilir. (GGK)

Sampaikan komentar & saran