Safaruddin : Goro Merupakan Kekuatan Membangun


Post by : Bagian Humas Sekretariat Daerah, 19 Maret 202108:57:08
182 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Limapuluh Kota, (Sumatera Barat).
Gotong royong (goro) merupakan kekuatan peninggalan nenek moyang yang harus terus dipertahankan. Sebab, kebersamaan itu sangat dibutuhkan dalam membangun daerah.

Demikian Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutannya pada acara pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVIII tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2021 bertempat di aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Selasa (9/3/2021).

"Tanpa kebersamaan seperti mustahil kita bisa membangun daerah ini sesuai harapan. Untuk itu, mari kita jaga terus kebersamaan, kerukunan dan kekompakan demi terwujudnya pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota sebagaimana visi dan misi kita," ungkap Safaruddin di hadapan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lima Puluh Kota, Ny. Lira Rizki Kurniawan Nakasri, Kepala OPD terkait, para Camat, wali nagari serta Ketua TP. PKK kecamatan dan nagari.

Diakui Safaruddin, selama ini kaum ibu di Kabupaten Limapuluh Kota senantiasa bergotong royong membantu pihak pemerintah membangun nagari. Seperti nenek moyang kita dahulu, kaum ibu yang tergabung dalam PKK di daerah ini senantiasa bergandeng tangan, bekerja bersama dan saling tolong-menolong serta saling menghargai satu sama lain dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Sebagaimana tema BBGRM tahun ini yakni "kita perkuat semangat gotong royong untuk meningkatkan ketangguhan keluarga dalam masa pandemi COVID-19", Safaruddin mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk PKK untuk senantiasa mematuhi atauran protokol kesehatan, serta bergotong royong dalam memerangi Covid-19 yang kini masih menghantui masyarakat. 

"Saya mengajak kaum ibu yang bergabung dengan PKK di seluruh Kabupaten Lima Puluh Kota,  bergotong royong membantu pemerintah untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Sebab, PKK dan kelompok dasawisma merupakan motor penggerak dan ujung tombak dari gerakan PKK dan berperan aktif dalam membudayakan hidup sehat," tutur bupati.

Dalam kesempatan itu Safaruddin juga menyerahkan penghargaan kepada Ketua akelompok Dasawisma Nagari Sungai Balantiak atas keberhasilannya menjadi juara perlombaan kelompok dasawisma berprestasi tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2021.

"Selamat kepada Ketua Dasawisma Nagari Sungai Balantiak. Dan terimakasih kepada Bapak Wali Nagari yang telah memberikan perhatian dan pembinaan pada Dasawisma," ucapnya. 

Pencanangan BBGRM tersebut ditandai bupati dengan pemukulan gong.

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Limapuluh Kota, Ny. Lira Rizki Kurniawan Nakasri dalam sambutannya mengatakan bahwa bulan bakti kelompok dasawisma ini akan dilaksanakan dalam satu bulan penuh dengan prinsip kegiatan berasal dari dan oleh masyarakat yang dukungan pemerintah dan tim penggerak PKK. 

"Tujuan secara umum adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan serta kesadaran gotong royong dan tanggungjawab terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK", ucapnya. 

Dikatakan Lira, PKK dan dasawisma akan senantiasa membantu pemerintah meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan agar kembali bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi covid 19. (gun)

Sampaikan komentar & saran