UMSB Beri Dukungan Penuh Kampung Wisata Sarugo Sebagai Smart Branding Lima Puluh Kota


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 29 September 202020:10:42
29 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota kembali mengadakan acara Bakaba Barito (talkshow) bersama Bapak Muhammad Abdi Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) sebagai narasumber di Radio Harau FM Tanjung pati, Jumat (25/09/2020). 

Talkshow kali ini mengangkat tema "Dukungan Fakultas Pariwisata UMSB dalam mensukseskan Kampuang Sarugo sebagai smart branding Kabupaten Lima Puluh Kota dan nominator pada ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020 (API 2020) untuk kategori Kampung Adat Terpopuler.

Pada kesempatan kali ini, Muhammad Abdi sempat menceritakan sejarah singkat kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat sebagai salah satu perguruan tinggi dari 147 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di Sumatera Barat sendiri ada empat kampus Muhammadiyah, yaitu di Padang, Bukittinggi, Padang Panjang dan Payakumbuh. Saat ini di Payakumbuh juga sedang dibangun sebuah Fakultas Kedokteran yang mendapat bantuan dana hibah dari Pemerintah Kota Payakumbuh. 

Dalam mensukseskan Kampuang Sarugo pada ajang API 2020, civitas akademika UMSB berlandaskan pada rasa tanggung jawab pada Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, melaksankan program KKN mahasiswa tahun 2019 di Jorong Sungai Dadok Nagari Kota Tinggi sebagai lokus pelaksanaan.

Kampung Sarugo dengan barisan rumah gadang yang kokoh berdiri menghadap kiblat serta masjid tua yang tetap elok dipinggiran sungai yang jernih telah menjadikan kampung ini bagaikan serpihan surga yang menakjubkan. Hal inilah yang menginspirasi para mahasiswa UMSB dan masyarakat Jorong Sungai Dadok menamakannya dengan sebutan "Kampung Sarugo (Saribu Gonjong)".

Pada tanggal 21 Agustus 2019 perkampungan di Jorong Sungai Dadok inipun diresmikan oleh Bupati Lima Puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP sebagai Kampuang Wisata Sarugo. Dan pada bulan November 2019 Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menetapkan Kampung Sarugo sebagai Smart Branding Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dimasa pandemi Covid-19 kunjungan wisatawan ke kampuang sarugo memang sedikit menurun, karena pemberlakuan PSBB mengharuakan pembatasan akses transportasi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal), Kampung Sarugo mulai ramai dikunjungi  para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Protokol kesehatan dengan menerapkan kebiasaan 3M, yaitu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak tetap diberlakukan di Kampuang Sarugo. Mudah-mudahan dengan kedisiplinan dapat menghindarkan kita dari virus corona.

Sebagai objek wisata, Kampuang Sarugo menyediakan beberapa rumah gadang sebagai homestay para wisatawan yang ingin menginap. Selain itu tersedia juga wisata agro petik buah jeruk segar di perkebunan jeruk siam Gunuang  Omeh yang telah terkenal akan rasanya. wisata adat budaya tradisional seperti randai dan saluang pun dapat kita disaksikan di perkampungan ini. 

Walaupun baru berusia seumur jagung, namun pada tahun 2020 ini kampung wisata sarugo mulai menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu nominator pada ajang Anugerah Pesona Indonesia kategori Kampuang Adat Terpopuler.
Muhammad Abdi pun mengajak seluruh masyarakat Minangkabau baik yang dikampung ataupun diperantauan untuk ikut serta mendukung Kampung Wisata Sarugo memenangkan Anugerah Pesona Indonesia 2020 dengan cara ketik API (spasi) 13D dan kirim ke 99386.

"Mudah-mudahan melalui dukungan dunsanak kasadonyo, mari kita jaga keasrian kampung sarugo sebagai anugerah yang maha Kuasa" tutur Abdi.

Sampaikan komentar & saran