UMKM LUAK Siap Cetak Wirausaha Baru


Post by : Kecamatan Luak, 31 Januari 202011:47:23
184 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Kec.Luak. Pemberdayaan Masyarakat melalui program wirausaha agribisnis dilandasi oleh konsep menuju terwujudnya sistem usaha agribisnis industrial dengan melalui aplikasi teknologi tepat guna, yaitu setiap aktivitas dan komponen usaha harus saling terkait dalam satu hubungan struktural fungsional dengan komponen usaha yang lain, baik secara horizontal maupun vertical. Program pengembangan usaha agribisnis pedesaan yang dilakukan oleh masyarakat adalah bagian dari upaya pemberdayaan melalui penumbuhan wirausaha untuk mendukung program nasional pemberdayaan masyarakat.

Menyadari pentingnya keterkaitan antar komponen dan pelaku agribisnis di lapangan, maka melalui usaha mikro kecil dan menengah UMKM sangat dipandang perlu untuk inisiatif penumbuhan kelompok usaha agribisnis di nagari yang berorientasi pada upaya peningkatan pengetahuan, kemampuan pendapatan, dan kesejahteraan masyarakat  dengan melalui kemitraan usaha yang saling mendukung, saling membutuhkan, dan saling menguntungkan bagi masyarakat yang terlibat didalamnya” Ucap Camat Luak Drs. Muftil Wahyudi

 

Aktivitas dan kreativitas yang dilakukan oleh masyarakat harus senantiasa ditumbuh kembangkan melalui penyuluhan, pelatihan, pendampingan, pemberian motivasi serta bantuan sarana, prasarana dan permodalan dengan pemberdayaan wirausaha sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteran’ terangnya lagi saat menerima kunjungan Kelompok UKM di Nagari Mungo.  Senin (27/01/20).

"Selain harus kreatif, syarat menjadi wirausaha itu juga harus memiliki rasa optimis yang tinggi dan percaya diri yang kuat," tegasnya.

Menurutnya, beberapa kendala bagi pengembangan UMKM yang banyak dihadapi di masa lalu, kini sudah tidak lagi menjadi hambatan, Dulu birokrasi perijinan usaha amat susah dan rumit, kini sudah bisa lebih mudah dan cepat melalui OSS, dan Pihak Kecamatan Siap membantu. ujarnya

Maka dengan itu, dirinya mengajak semua pihak untuk bersinergi meningkatkan kapasitas usaha pelaku UMKM Nagari Khususnya di Kematan Luak

Seperti kita ketahui bersama melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota sangat peduli dalam pengembangan koperasi dan UMKM.

 “kita memiliki gedung galeri produk PLUT UMKM yang telah diresmikan oleh Bupati Lima Puluh Kota pda 30 Agustus 2018 yang lalu dijalan Sumbar Riau Jorong Ketinggian Nagari Sarilamak, sebagai sarana pemasaran dan promosi produk bagi pelaku UMKM, Jika dianalogikan, PLUT ini adalah rumah sakit untuk koperasi dan umkm, dan konsultan sebagai dokternya ” terang Yandri Elfira, S.Si, M.Si selaku Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro, melalui telpon genggamnya.

Di Gedung PLUT UMKM dilengkapi dengan lima bidang konsultan untuk pelaku usaha yaitu : Konsultan Bidang Pemasaran, Konsultan Bidang Pembiayaan. Konsultan Bidang Kelembagaan, Konsultan Bidang Produksi dan Konsultan Bidang Sumber Daya Manusia” Terangnya lagi.

 

Kami atas nama kelompok UMK Nagari Mungo mengucapkan terima kasih atas masukan Motivasi  dan saran yang telah diberikan kepada kami semoga kedepan Kelompok kami makin maju dan sukses, sukses kami sukses untuk Nagari dan Kecamatan juga” Wirda salah seorang palaku UMKM Nagari Mungo. (arhye.Adm).

Sampaikan komentar & saran