PESAN BUPATI KE BUNDO KANDUANG TAEH BARUAH, CEPAT ADAPTASI DENGAN ZAMAN, BUDAYA DILESTARIKAN


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 23 Januari 202206:53:26
257 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Limapuluh Kota, Kominfo--Bupati Limapuluh Kota Safaruddin  Dt. Bandaro Rajo berharap di tengah perkembangan zaman, yang memerlukan transformasi dan adaptasi yang cepat,  Niniak Mamak dan Bundo Kanduang agar senantiasa melestarikan budaya yang tumbuh di masyarakat. Kedua komponen organisasi adat ini  juga diminta mendorong potensi yang dimiliki nagari, terlebih pada zaman digitalisasi ini.

"Transformasi dan adaptasi yang cepat dalam perkembangan zaman sangat dibutuhkan tetapi tetap melestarikan budaya yang kita miliki," ujar Bupati.

Di sisi lain, guna mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, semua pihak harus saling bersinergi, termasuk juga Niniak Mamak dan Bundo Kanduang. Kedua unsur yang ada di Nagari tersebut memiliki peran vital dalam mensukseskan visi dan misi daerah serta membangkitkan kembali semangat bernagari.
Harapan itu disampaikan Bupati  Safaruddin saat memberi sambutan pada pelantikan 77 orang Bundo Kanduang, Sabtu (22/01/2022) di Aula SMP N 3 Kecamatan Payakumbuh.

Adapun yang melantik Bundo Kanduang Taeh Baruah adalah Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Payakumbuh Yulherni. Septia Reta didapuk menjadi ketua pengurus organisasi Bundo Kanduang Taeh Baruah, yang dikenal juga dengan sebutan organisasi limpapeh rumah nan gadang tersebut.
Turut hadir Ketua TP PKK sekaligus Pembina Bundo Kanduang Limapuluh Kota Nevi Safaruddin, Camat Kecamatan Payakumbuh Jonianto beserta Forkopimca dan tamu undangan lainnya.

Bupati Safaruddin menambahkan dengan adat istiadat yang masih kental di Taeh Baruah, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang berperan penting mendidik anak kemenakan. Beliau menjelaskan bahwa ada tiga kecerdasan yang harus diberikan kepada anak kemenakan di nagari, yaitu kecerdasan intelektual, emosional serta spiritual. ''Jika bapak ibu mampu mendidik serta menyeimbangkan ketiga kecerdasan tersebut, maka nagari-nagari ini nantinya dapat menjadi poros pembangunan daerah," tuturnya.

Sementara itu, Hidwan Reta selaku Niniak Mamak Nagari Taeh Baruah mengungkapkan bahwa kehadiran Bupati Limapuluh Kota pada acara temu ramah serta pelantikan Bundo Kanduang Nagari Taeh Baruah ini memberikan kesan yang dalam untuk pembangunan Taeh Baruah kedepannya. Beliau juga mengatakan Taeh Baruah siap mewujudkan dan mendukung program program yang dilaksanakan Pemerintah Limapuluh Kota di Nagari Taeh Baruah. Selain itu Niniak Mamak beserta Bundo Kanduang juga siap berkomitmen untuk mendidik generasi muda dan akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah. "Makmur nagarinya, makmur juga kabupatennya," tutupnya. (MFS/Kominfo)

Sampaikan komentar & saran