WAMENTAN RI BUKA PELUANG PADANG MENGATAS SEBAGAI DESTINASI WISATA


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 28 November 202122:23:55
226 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Limapuluh Kota, Diskominfo -- Bak gayung bersambut, harapan Limapuluh Kota untuk menjadikan kawasan Balai Pembibitan Ternak Unggul-Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT), sebagai destinasi wisata unggulan memperoleh respon positif. Sinyal itu terungkap pada saat kunjungan kerja Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI Harvick Hasnul Qolbi, ke BPTU-HMT di Mungo, Luak, Limapuluh Kota, Minggu (28/11/2021). 

“Permohonan Limapuluh Kota agar kawasan ini juga dibuka untuk pariwasata nanti akan kita bawa dalam sidang kabinet,” janji Wamentan RI. Lebih lanjut, Wamentan mengungkapkan, dengan potensi BPTU-HPT sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pertanian RI sebagai salah satu pusat produksi bibit unggul (cement) didukung oleh  view  yang menawan, wilayah ini bisa menjadi basis wisata pendidikan (edu-tourism) dan wisata lingkungan (eco-tourism). 

“Kita arahkan ke edu-tourism dan eco-tourism, nantinya, bahkan dalam skala internasional,” terang Wamentan RI. Untuk itu, dia berharap Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota juga menjaga wilayah yang juga dikenal sebagai ‘New Zealand’-nya Limapuluh Kota dengan segala potensi untuk kemajuan peternakan nasional. 

Pada kunker kali ini, Wamentan  Harvick didampingi Wakil Gubernur Sumbar IAudy Joinaldy dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri dan Sekretaris Daerah Limapuluh Kota Widya Putra, Plt. Direktur Pembibitan dan Produksi Ternak, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Makmun, Kepala Dinas PTPH Syafrizal, Kepala BPTU-HPT Padang Mengatas Dani Kusworo, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.  Sebelum bertolak meninggalkan Kabupaten Lima, Wamentan RI didampingi Wabup Limapuluh Kota menyempatkan diri untuk menikmati keindahan Geopark Lembah Harau.

Sementara itu, Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri menyambut baik respon Wamentan RI untuk membuka peluang BPTU-HPT Padang Mengatas, untuk dijadikan kawasan destinasi wisata unggul ‘Luak Limopuluah Koto’. Dia juga mengungkapkan, pihak Kementan RI juga akan melakukan pelebaran jalan dan pembangunan pagar di komplek BPTU-HMT pada 2023. Hal ini katanya juga mendukung kawasan ini semakin representatif untuk dikunjungi wisatawan. Di sisi lain, Wabup Limapuluh juga menyampaikan permohonan dukungan kepada pemerintah pusat untuk melakukan program swasembada jagung pakan dengan membuka 20.000 ha lahan tidur untuk budidaya jagung. "Kita optimis, pengembangan lahan tidur ini nantinya akan dapat menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat," terang Wabup (HM)

Sampaikan komentar & saran