PT MUHAMMADIYAH se- INDONESIA KUNJUNGI BUPATI, SAFARUDDIN, UMSB BERPERAN STRATEGIS BAGI LIMAPULUH KOTA


Post by : Dinas Komunikasi dan Informatika, 23 Januari 202207:04:55
121 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Limapuluh Kota, Kominfo—Peran Civitas Akademika dari kelembagaan Perguruan Tinggi (PT) yang dinaungi Muhammadiyah sangat strategis bagi pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota. Khususnya, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), yang berjasa mengantarkan “Kampuang Saribu Gonjong”, di Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, menjadi destinasi wisata berlevel nasional. UMSB melalui peran strategisnya selaku katalisator dalam promosi destinasi wisata  di Limapuluh Kota, akhirnya melambungkan destinasi wisata “Kampuang Sarugo” terletak  sekitar 50 Km dari Kota Sarilamak,  di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020. Setelah melalui seleksi yang panjang, predikat Terbaik ke-II, pada kategori ‘Kampung Adat Terpopuler’ nasional akhirnya di gondol oleh “Kampuang Sarugo” di API 2020.

Pasca menerima anugerah API 2020, jumlah kunjungan wisatawan ke Kampuang Sarugo meningkat signifikan dan berimbas kepada dinamika perekonomian terhadap warga di sekitarnya. Sekelumit peran strategis UMSB itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo  dalam sambutannya saat menerima kunjungan Civitas Akademika perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia yang terhimpun dalam Forum Dekan Fakultas Hukum (FORDEK) dan Asosiasi Prodi Ilmu Hukum Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APSIH PTMA) se-Indonesia ke Kabupaten Limapuluh Kota. Delegasi FORDEK dan APSIH PTMA dipimpin oleh Dekan Fakultas Hukum UMSB Wendra Yunaldi serta Wakil Rektor III UMSB Moch.Abdi, Ketua APSIH PTMH Chrisna Bagus Edhita Praja serta Pengurus FORDEK Rahmat Muhajir di Pendopo Rumah Dinas Bupati Labuah Silang, Sabtu (22/01/2022).  Turut mendampingi Bupati, terlihat Sekretaris Daerah Widya Putra, Asisteh I Herman Azmar, Kepala Bapelitbang Aimel Nazra dan Ka. Satpol PP Fiddria Falla.

Selaku Bupati yang sekaligus alumni Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Bupati Safaruddin berharap peningkatan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dengan Universitas Muhammadiyah di masa yang akan datang. "Kehadiran Universitas Muhammadiyah saat ini  diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat Limapuluh Kota'', tuturnya. Kedepan ia berharap kolaborasi yang diciptakan antara akademisi dan birokrat dapat menjawab tantangan di zaman digital saat sekarang ini.

Pada kesempatan yang sama, Wendra Yunaldi mengatakan kegiatan yang dilaksanakan di Limapuluh Kota merupakan rangkaian agenda Dekan dan Akademisi seluruh Fakultas Hukum dari seluruh universitas yang dikelola Muhammadiyah se-Indonesia dari Aceh sampai Papua. Beliau juga menyampaikan Bupati Limapuluh Kota menjadi  tokoh inspirasi bagi generasi muda Universitas Muhammadiyah. Seterusnya ia mengatakan dengan Sumber Daya yang dimiliki, Muhammadiyah siap membantu Pemerintah Limapuluh Kota mewujudkan visi misi daerah.

"Semoga sinergitas yang terjalin selama ini antara UMSB dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota senantiasa berlanjut," tutur Wendra Yunaldi. (MFS/Kominfo)

Sampaikan komentar & saran