Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Raih Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP RI Perwakilan Sumbar


Post by : , 19 November 202009:59:40
18 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

LIMA PULUH KOTA, INSPEKTORAT- Selasa 17 November 2020 Sebuah prestasi diraih oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Inspektorat berhasil mendapatkan penghargaan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI) Perwakilan Sumatera Barat yang diserahkan langsung oleh Kepala BPKP RI Perwakilan Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro, bertempat di aula rumah dinas Bupati.

Level 3 disebut Integrated. Apabila satu unit organisasi APIP disimpulkan tingkat kapabilitas yang dimiliki mencapai level 3 hal ini menunjukkan bahwa praktik profesionalitas dan audit internal telah ditetapkan secara seragam dan telah selaras dengan standar, dengan outcome APIP mampu menilai efisiensi, efektivitas dan ekonomis suatu program/kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern.

Kepala BPKP RI Perwakilan Sumbar Buyung Wiromo Samudro menyebut, perolehan Kapabilitas APIP Level 3 ini membuktikan Inspektorat Kabupaten Lima Puluh Kota sudah mempunyai proses dan pelaporan yang baik. Ia menyarankan ke depannya Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota terus meningkatkan kualitas auditornya, agar level yang diraih ini terus dipertahankan dan tidak turun lagi ke level bawah, kemudian ia berharap pencapaian kapabilitas APIP Level 3 yang diraih ini diwarisi oleh pemimpin Kabupaten Lima Puluh Kota periode berikutnya secara sistemik atau terus menerus pada tahun-tahun mendatang.

Bupati Ir. H. Irfendi Arbi, MP setelah menerima penghargaan mengatakan sangat gembira dan bangga daerah yang dipimpinnya mampu meraih Kapabilitas APIP Level 3. Diakuinya prestasi ini jelas tidak terlepas dari komitmen dan upaya Inspektorat dan Pemerintah Daerah dalam peningkatan tata kelola pembangunan dan keuangan. “Alhamdulillah, kita sukses meraih Kapabilitas APIP LEVEL 3. Berarti Inspektorat kita telah mampu melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, dan ekonomis terhadap suatu kegiatan, ini tentunya juga berkat bimbingan BPKP RI Perwakilan Sumbar. Kita berharap BPKP tetap mengawal dan membimbing setiap kegiatan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota. Saya berharap ini menjadi cambuk untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi ini pada tahun berikutnya,” kata beliau.

Sampaikan komentar & saran