Tarawih Hari ke Empat, Tim 1 Safari Ramadhan Pemkab Lima Puluh Kota Kunjungi Masjid Istiqomah, Nagari Koto Baru Simalanggang


Post by : Bagian Protokoler dan Komunkasi Pimpinan, 06 April 202209:54:57
43 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Tarawih Hari ke Empat, Tim 1 Safari Ramadhan Pemkab Lima Puluh Kota Kunjungi Masjid Istiqomah, Nagari Koto Baru Simalanggang

Lima Puluh Kota,---Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan mendengarkan langsung aspirasi masyarakat, tim 1 Safari Ramadhan Pemkab Limapuluh Kota yang dikomandoi oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin dt Bandaro Rajo berkunjung ke masjid Istiqomah, Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Selasa (5/4) malam.

Turut hadir dalam tim Safari Ramadhan tersebut, Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota, Ny. Nevy Safaruddin, Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota, Syamsul Mikar, Sekda Lima Puluh Kota, Widya Putra, Kepala Dinas Kesehatan, Adel Nofiarman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Indrawati Munir, Kepala Distanhorbun, Witra Porsepwandi, Plt Kepala Dinas PUPR, Rilza Hanif, Plt Kepala Bapelitbang, Aimel Nazra, Kepala Kemenag Tanjung Pati, Naharudin, Dirut PDAM Lima Puluh Kota, Zulbadri, Camat Payakumbuh, Joni Anto, Wali Nagari Koto Baru Simalanggang, Emrizal, Tokoh Masyarakat dan puluhan jama’ah sholat tarawih di Nagari tersebut. 

Dalam sambutannya, Safaruddin mengatakan kegiatan safari ini adalah sebagai wujud nyata dari pemerintah daerah untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat terkait pembangunan dan kelanjutan pembangunan daerah di masa mendatang, sekaligus sarana untuk menjalin silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat.  

"Ini merupakan malam pertama kami turun ke masjid atas nama tim Safari ramadhan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota. Mudah-mudahan dengan kegiatan safari ramadhan ini dapat menghubungkan tali silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat sehingga ada hubungan timbal balik yang kita rasakan nantinya",ujarnya. 

Dirinya mengatakan pemerintah mulai dari pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota saat ini terus berupaya dalam membangun daerah dan menciptakan pemerintahan ditengah-tengah masyarakat dengan program-program unggulannya, salah satunya yaitu dengan terjun langsung kelapangan dan menampung aspirasi masyarakat seperti kegiatan safari ramadhan ini. 

"Diperiode ini kami memiliki 5 Program unggulan, yang pertama yaitu membangun Ibu Kota Kabupaten, dengan menata Sarilamak sebagai Ibu Kota Kabupaten (IKK) sebagai pusat Pemerintahan dan pusat ekonomi daerah kita nantinya. Selanjutnya yang Kedua meningkatkan sektor pariwisata di daerah kita, seterusnya program unggulan kita yaitu mengingatkan kualitas sumber daya manusia di daerah kita, dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda di Lima Puluh Kota. Selanjutnya yakni pembangunan infrastruktur dipinggiran daerah di Lima Puluh Kota,"ungkapnya.

Dengan program unggulan tersebut,orang nomor satu di Lima Puluh Kota itu meminta kepada masyarakat untuk peka terhadap program pemerintah dan mendukung seluruh program pembangunan pemerintah yang sedang berjalan. 

Di kesempatan itu, putra asli Baruah Gunuang itu juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga diri dari kesehatan dan tetap menjalankan protokol kesehatan selama menjalankan ibadah dibulan suci ramadhan. 

"Mari kita berpacu meningkatkan keimanan dan amal ibadah selama bulan suci ramadhan ini dan tidak lupa untuk tetap menjaga diri dari berbagai macam penyakit salah satunya dari ancaman virus covid-19, dengan cara aktif menjalankan protokol kesehatan," tutupnya. 

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Syamsul Mikar dalam sambutannya mengatakan, safari ramadhan ini yaitu sarana untuk bersilaturahmi Pemda dan masyarakat. "Selain itu, kegiatan safari ini juga banyak manfaat yang kita dapat dari kegiatan ini,  dengan silaturahmi ini pasti akan banyak timbul hal-hal yang akan muncul dan dapat kita bahas secara bersama dan semoga nantinya usulan bapak-ibu dapat ditindak lanjuti,"ujarnya.

Selanjutnya, sebagai anggota DPRD Ia berharap seluruh program yang diusung oleh pemerintah daerah dalam membangun Lima Puluh Kota dapat berjalan lancar dan di dukungan penuh oleh masyarakat. 

Sementara itu, Wali Nagari, Koto Baru Simalanggang, Emrizal dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih dan selamat datang kepada tim 1 Safari Ramadhan Pemkab Limapuluh Kota di Nagari yang ia pimpin.

Dalam kesempatan itu Wali Nagari selaku penyambung aspirasi masyarakat di Nagari Koto Baru Simalanggang, Ia meminta kepada tim 1 Safari Ramadhan khususnya dinas pendidikan untuk memberikan bantuan dan perhatian terhadap salah satu TK di Nagari tersebut.

"TK di Nagari kami ini muridnya masih sedikit buk, sementara sarana untuk belajar dan bermain boleh dikatakan sudah tidak ada lagi dan kami mohon bantuan dari dinas pendidikan,"tuturnya.

Selain itu, Ia juga meminta kepada dinas PUPR untuk memperbaiki irigasi pertanian di daerahnya,mengingat 90% penduduk nagarinya berprofesi sebagai petani. "Selain itu, kami meminta kepada dinas PUPR untuk segera menaikkan status jalan penghubung Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh di daerah kami ini. Kami sangat menunggu jalan alternatif ini, sebab jalan ini nantinya dapat untuk memecah kemacetan yang terjadi selama ini di Nagari kami,"tutupnya.

Menjawab aspirasi masyarakat tersebut, Bupati memerintahkan dinas Pendidikan dan PUPR untuk menerima aspirasi tersebut untuk dikaji dan ditindak lanjuti kedepannya. 

Usai melaksanakan sholat tarawih berjemaah kegiatan safari ramadhan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan bantuan pembangunan masjid berupa uang tunai sebesar 20 Jt Rupiah kepada Masjid Istiqomah, yang diserahkan oleh Bupati kepada pengurus masjid tersebut.

Sampaikan komentar & saran