TAHUN 2015 BIDANG KETENAGAAN LAKUKAN 4 PAKET PELATIHAN


Post by : Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, 06 Mei 201514:55:19
2304 dibaca

File foto tidak ditemukan !!!

Payakumbuh_ Saiful. SP Sekretaris Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi di damping oleh Kabid Tenagakerja Dra.Rina Rahmanita dan Kasi Pelatihan dan Produktifitas Tenagakerja Ahda Syahdin S.Sos mengemukan “ Dalam Rentra Dinas Sosial Tenagakerja dan Transmigrasi 2010-2015 dalam misi ke-4 adalah mewujudkan perluasan kesempatan kerja melalui informasi pasar kerja, peningkatan keterampilan angkatan kerja dan penempatan tenaga kerja. Khusus untuk peningkatan keterampilan angkatan kerja tahun 2015 sesuai dengan kondisi keuangan daerah dapat dilaksanakan 4 paket kegiatan pelatihan “ ujar Saiful.

Lebih lanjut dijelaskan Saiful “ Tenaga kerja (Manpower) adalah seluruh penduduk usia 15-64 tahun yang dianggap mempunyai potensi untuk bekerja secara produktif. Indikator ini berguna bagi pengambil kebijakan dalam menyusun rencana ketenagakerjaan. Disamping itu juga untuk mengetahui berapa banyak tenaga kerja (penduduk usia kerja ) potensial. Jumlah Penduduk Kabupaten Limapuluh Kota pada Kabupaten Dalam Angka (KDA) pada tahun 2014 sejumlah 361.597 jiwa dan jumlah penduduk usia kerja (15-64 tahun) sejumlah 247.281 jiwa.  Maka persentase tenaga kerja adalah 69%.

Pada tahun 2014 total angkatan kerja yang bekerja dan menganggur/pencari kerja adalah sejumlah 176.510 jiwa dan jumlah angkatan kerja yang bekerja adalah 168.685 jiwa dimana angka yang laki-laki berjumlah  95.444 jiwa masih dominan dibandingkan dengan angkatan kerja perempuan berjumlah 73.241 jiwa. Sementara itu angka pengangguran terbuka  tahun 2014 berjumlah 7.825 jiwa terbanyak adalah  laki-laki 5.193 jiwa dan perempuan berjumlah 2.632 jiwa. Persentase Angkatan Kerja Terhadap Jumlah Penduduk tahun 2014  adalah 48,81% dengan laki-laki 56,17 % dan perempuan 41,59 % .

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) memberikan indikasi tentang penduduk usia kerja yang termasuk dalam kelompok pengangguran. Tingkat pengangguran terbuka diukur sebagai persentase jumlah penganggur/pencari kerja terhadap jumlah angkatan kerja.

Pengangguran merupakan bagian dari angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan (baik yang belum pernah bekerja maupun yang sudah pernah bekerja), atau sedang mempersiapkan suatu usaha, mereka yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin untuk mendapatkan pekerjaan atau mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetapi belum mulai bekerja.Tingkat penganguruan terbuka Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2014 adalah 3,16  dengan angkatan kerja laki-laki 4.34 dan perempuan 2.06 .Kemudian angka Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) tahun 2014 adalah 71,38 dengan dinominasi oleh angkatan kerja laki-laki 84.09 dan perempuan 59.46 .

Sementara itu Kabid Tenagakerja Dra.Rina Rahmanita menjelaskan “Salah satu upaya mendasar dan strategis untuk mengatasi masalah pengangguran tersebut adalah dengan menyelenggarakan pelatihan di berbagai bidang dan tingkatan agar tenaga kerja dapat memperoleh serta mampu mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja yang berkaitan dengan pengenalan terhadap teknologi tepat guna, pengembangan kewirausahaan, serta berbagai keterampilan pendukung lainnya. Dengan terselenggaranya pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan dan mengembangkan keterampilan bekerja yang dapat digunakan dengan segera oleh pencari kerja shingga mampu bersaing dalam pasar kerja yang tersedia dan dapat mengurangi pengangguran serta membuka lapangan pekerjaan baru.” Ujar Rina Rahmanita

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Bidang Tenagakerja pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lima Puluh Kota mencoba untuk dapat menyediakan tenaga kerja siap pakai pada pasar kerja melalui pelatihan-pelatihan kerja.Pada tahun 2015 ditargetkan 64 orang yang terdiri pelatihan menjahit 2 paket sejumlah 32 orang, teknisi computer 1 paket, dan pelatihan pengolahan hasil pertanian sebanyak 1 paket “ ujar Rina Rahmanita.

“ untuk paket pertama telah dilaksanakan pelatihan menjahit dengan jumlah peserta 16 orang bekerja sama dengan lembaga pelatihan Multy Flash Payakumbuh yang dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sd 8 April 2015 lalu  dan untuk paket kedua pelatihan menjahit dengan jumlah peserta 16 orang juga dilaksanakan di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh yang rencananya dibuka besok 7 Mai “ tukuk Rina Rahmanita.(saiful)

 

 

 

 

 

Sampaikan komentar & saran