berita-image-haeder

Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota Gelar Sosialisasi Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Pada Satuan Pendidikan

Rabu, 21 Agustus 2024

Penulis: Dinas Komunikasi dan Informatika

50 Kali

Berita ini dibaca

1 Kali

Berita ini dibagikan

berita-image

Limapuluh Kota, Diskominfo - Hentikan kekerasan dilingkungan satuan pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan pada satuan pendidikan tahun 2024 yang dilaksanakan di gedung  serbaguna Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Selasa, (20/8/24)

Kegiatan yang diikuti oleh 372 orang perwakilan masing-masing komite Sekolah Dasar dari 13 kecamatan se Kabupaten Limapuluh Kota ini, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota Afri Efendi serta menghadirkan nara sumber dari Yayasan Ruang Anak Dunia Provinsi Sumbar Wanda Leksmana.

Dalam sambutannya, Afri Efendi mengatakan kekerasan dilingkungan satuan pendidikan harus dapat dicegah dan ditangani dengan baik. Karena kekerasan bukan saja berdampak buruk bagi anak dalam memperoleh pendidikan yang layak, tapi juga berdampak buruk pada mental mereka. Pemerintah melalui Kemendikbudristek telah memberlakukan Permendikbudristek No 46 tahun 2023 tenteng pencegahan penanganan kekerasan dilingkungan satuan pendidikan dengan memperluas lingkup sasaran ke peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan warga satuan pendidikan. "Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk memastikan bahwa warga satuan pendidikan aman dari berbagai jenis kekerasan", jelasnya.

Afri mengatakan bahwa setidaknya ada tiga ranah pencegahan dan penanganan kekerasan dilingkungan pendidikan, yaitu ranah tata kelola, edukasi dan sarana prasarana. Dalam hal tersebut terdapat peran satuan pendidikan dan pemerintah daerah. "Pada tahun 2023 pemerintah daerah juga telah mengeluarkan Perbup No. 35 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan pada satuan pendidikan. Perbup tersebut diiringi dengan pembentukan Satgas. Alhamdulillah Limapuluh Kota dijenjang Sekolah Dasar telah 100 ? memiliki  tim TPPK", tegasnya.

Sementara itu Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar mengatakan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk menciptakan atmosfer yang kondusif bagi pembelajaran, dimana setiap siswa merasa aman, nyaman, dihormati dan didukung. "Harapan kita kepada seluruh komite satuan pendidikan agar dapat memahami dan melakukan penanganan yang tepat terhadap berbagai bentuk kekerasan dilingkungan Pendidikan", tukasnya. (Diskominfo)